3 Ide Pokok Gerak Ikan dalam Air dan Kalimat Pengembangnya

Ide Pokok Gerak Ikan dalam Air dan Kalimat Pengembangnya – Melanjutkan pembahasan materi kelas V SD, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama materi “gerak ikan dalam air”. Nah setelah mempelajari rangkuman materi ini di sekolah, kalian pasti diberi tugas oleh guru untuk mencari ide pokok dan kalimat pengembangnya.

Berbeda dengan binatang mamalia yang tergolong sebagai hewan vertebrata (bertulang belakang), ikan memiliki sistem gerak yang berbeda dengan hewan vertebrata, sebab ikan hidupnya di air, bukan di daratan.

Nah sebelum mencari ide pokok, kamu baca terlebih dahulu materi terkait dengan “Gerak Ikan dalam Air” berikut ini.

Ide Pokok Gerak Ikan dalam Air dan Kalimat Pengembangnya

Rangkuman materi lengkap :

Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri dan ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Tahukah kamu, ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik? Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.

Berdasarkan 3 paragraf diatas, kita dapat mengetahui 3 ide pokok dari masing-masing teks bacaan gerak ikan dalam air diatas. Berikut ini ide pokok masing-masing paragraf :

1. Ide Pokok Paragraf 1 : Ikan memiliki sistem gerak yang unik.

Dan kalimat pengembangnya : Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

2. Ide Pokok Paragraf 2 : Bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal.

Dan kalimat pengembangnya : Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri dan ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

3. Ide Pokok Paragraf 3 : Ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik

Dan kalimat pengembangnya : kan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.

Nah itulah ide pokok teks gerak ikan dalam air beserta kalimat pengembangnya secara lengkap dan jelas. Semoga pembahasan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian. Baca juga materi pelajaran kelas 5 lainnya. Selamat belajar.

Baca : Nama Organ Gerak Hewan dan Fungsinya