4 Nama Komponen Pada Senter dan Fungsinya | Tema 3 Kelas 6

4 Nama Komponen Pada Senter dan Fungsinya – Bongkarlah senter yang kamu miliki! Amati komponen-komponen yang terdapat pada senter, kenali setiap bagian komponen tersebut kemudian tuliskan dalam tabel berikut beserta fungsinya! Pembahasan soal tema 3 kelas 6 SD di buku tematik halaman 4.

Tepatnya pada materi pembelajaran 1 tema 3 subtema 1 Penemu yang mengubah dunia. Pada pembahasan soal sebelumnya kalian telah mengerjakan beberapa soal tentang teks Listrik, Pengubah Wajah Dunia. Sudah mengerjakannya?

Amatilah komponen pada senter baterai berikut!

4 Nama Komponen Pada Senter dan Fungsinya

1. Baterai

Komponen nomor 1 pada gambar merupakan baterai. Fungsi baterai sebagai sumber arus listrik.

2. Lampu Reflektor

Komponen nomor 2 pada gambar merupakan lampu reflektor. Fungsinya Mengumpulkan cahaya sehingga cahaya lampu senter tampak lebih terang.

3. Lempeng logam

Komponen senter nomor 3 pada gambar merupakan lempeng logam. Fungsinya sebagai penghantar arus listrik dari baterai ke lampu bohlam.

4. Sakelar on-off atau Switch

Fungsinya menghubungkan antara kawat pada terminal baterai dengan kawat dari dasar bohlam.

Amati rangkaian listrik sederhana pada lampu senter tersebut dengan teliti! Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman!

1. Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?
2. Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah?

Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan! Kamu dapat menggunakan informasi pada buku atau sumber lain untuk membantumu menemukan jawaban!

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 6 halaman 4 tentang Nama Komponen Pada Senter dan Fungsinya di buku tematik siswa, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 tentang Penemu yang Mengubah Dunia. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran ke-2 berikut ini : Nah, sekarang kamu akan mencoba membuat rangkaian listrik sederhana seperti pada senter. Tentukan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat 1 rangkaian sederhana! Tuliskan pada tabel berikut!