5 Hal yang Kamu Ketahui Setelah Membaca Teks Teknologi Pangan Tuliskan!

Tuliskan 5 hal yang kamu ketahui setelah membaca teks Teknologi Pangan! Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD halaman 8, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Tuliskan 5 Hal yang Kamu Ketahui Setelah Membaca Teks Teknologi Pangan

Pembahasan mengenai 5 hal yang kamu ketahui dari teks teknologi pangan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca

Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa arti teknologi pangan? Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!

Teknologi Pangan

Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.

Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Soal dan Pembahasan Jawaban:

Tuliskan 5 hal yang kamu ketahui setelah membaca teks “Teknologi Pangan”!

Jawab:

  1. Pangan artinya makanan.
  2. Hasil pertanian dan peternakan tidak bisa bertahan lama.
  3. Hasil pertanian dan peternakan diolah dengan menggunakan teknologi pangan.
  4. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama.
  5. Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru.

Baca juga pembahasan soal selanjutnya dibawah ini:

Ayo Berlatih

Amati gambar-gambar di bawah ini. Hitunglah luas dari setiap gambar berikut.

Amati gambar-gambar di bawah ini Hitunglah luas dari setiap gambar berikut

Luas bidang A adalah …. satuan
Luas bidang B adalah …. satuan
Luas bidang C adalah …. satuan
Luas bidang D adalah …. satuan
Luas yang paling kecil adalah bidang ….
Luas yang paling besar adalah bidang ….
Bidang …. dan …. pada gambar memiliki luas yang sama.

Jawaban, buka DISINI.

Demikian pembahasan secara singkat kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 8. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. Terimakasih, selamat belajar!