Akhir Dari Cerita Si Kancil dan Buaya, Buatlah Sesuai Imajinasimu

Buatlah akhir dari cerita Si Kancil dan Buaya tersebut sesuai imajinasimu! Pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 3 SD/MI di buku paket tematik siswa halaman 199. Tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 4 Menyayangi Hewan.

Agar dapat menjawab soal tersebut dengan mudah, Bacalah terlebih dahulu cerita dibawah ini!

Akhir Dari Cerita Si Kancil dan Buaya, Buatlah Sesuai Imajinasimu

Si Kancil dan Buaya

Krukukukuk… krukukuk… krukukuk… terdengar suara dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar, setelah seharian bermain dan akhirnya tertidur di dalam hutan.

Si Kancil membayangkan mentimun, makanan kesukaannya. Kebun mentimun tumbuh subur di seberang sungai. Kancil ingin sekali memetik mentimun di kebun itu, namun Kancil kebingungan mencari cara untuk dapat menyeberangi sungai. Sementara itu, banyak sekali buaya yang tinggal di dalam sungai.

Si Kancil pun berpikir dan mencari akal agar dapat menyeberangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya. “Hai Buaya,..keluarlah!” teriak si Kancil. “Ada apa teriak-teriak, Kancil?” sahut Buaya.

“Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana?” tanya si Kancil. “Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu aku menyeberang sungai itu” lanjut Kancil.

“Baiklah, tetapi bagaimana kami bisa membantumu?” tanya Buaya. “Berbarislah kalian sampai ujung sungai itu, biarkan aku berjalan menyeberangi sungai melalui punggung kalian,” kata Kancil.

Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga akhirnya si Kancil sampai di seberang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya.

Buatlah akhir dari cerita tersebut sesuai imajinasimu!

Contoh akhir cerita :

Kancil terbahak-bahak lalu berkata “betapa bodohnya kalian, bukankah aku tak membawa sepotong pun daging segar di tangan? Itu artinya aku tak punya daging segar untuk jatah makan siang kalian. Enak saja, mana bisa kalian makan tanpa ada usaha?”. Buaya itu pun merasa tertipu, salah satu diantara mereka berkata “akan ku balas semua perbuatanmu”. Kancil pun pergi sembari berkata “terimakasih buaya, aku pamit pergi untuk melanjutkan perjalanan”.

Nah itulah contoh akhir dari cerita Si Kancil dan Buaya, buatlah sesuai Imajinasimu. Kerjakan juga soal lainnya pada pembelajaran 5 seperti tentang sebutkan tokoh yang ada dalam cerita dongeng dan sifatnya!

One Comment