Amatilah Kata-kata Pada Bacaan BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi

Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi tersebut! Apakah kata-katanya termasuk kata baku? pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 101 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Bersatu Kita Teguh di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal apa yang kamu ketahui tentang naskah proklamasi di atas di buku tematik siswa.

Amatilah Kata-kata Pada Bacaan BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi tersebut

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi

Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah.

Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto.

Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 101

Amatilah kata-kata yang terdapat pada bacaan BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi tersebut! Apakah kata-katanya termasuk kata baku? Tulis alasanmu dan diskusikan dengan teman!

Jawaban : Ada beberapa kata tidak baku pada bacaan BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi. Beberapa diantaranya adalah : Bangsa Indonesia seharusnya bangsa Indonesia. BM Diah seharusnya B.M. Diah (karena B.M. singkatan dari Burhanuddin Mohammad). Menyerahkannya melalui Presiden Soeharto, seharusnya menyerahkannya kepada Presiden Soeharto. Disimpan oleh Arsip Nasional seharusnya disimpan di Arsip Nasional (karena Arsip Nasional adalah nama tempat, bukan nama orang). Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 (Selasa pagi bukan nama tempat sehingga tidak menggunakan koma)

Dengan menggunakan buku EYD, tentukanlah apakah kata-kata yang terdapat pada bacaan adalah kata baku. Jelaskan jawabanmu!

Jawaban:
– Selasa pagi (nama hari ditulis dengan huruf kapital)
– 46 tahun 9 bulan 19 hari (penulisan angka secara berurutan)
– Soekarno, (nama orang menggunakan huruf kapital)
– diketik (di digandeng karena bukan kata depan)
– disimpan (di digandeng karena bukan kata depan)
– pukul 10.30 (tanda titik dipakai untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu)
– Sayuti Melik (menggunakan huruf kapital karena nama orang)
– ke tempat sampah (penulisan ke dipisah karena kata depan)
– Proklamasi Kemerdekaan (menggunakan huruf kapital karena huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama peristiwa sejarah)
– Presiden Soeharto (huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang)
– dari tong (penulisan dipisah karena dari adalah kata depan)

Bacalah teks sekali lagi. Temukan informasi penting dan tulis pada peta pikiran berikut! Kembangkan informasimu dengan memperhatikan kata baku. Jangan lupa menggunakan kalimat efektif.

Lihat jawaban dalam bentuk peta pikiran DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 6 SD halaman 101 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 3 Bersatu Kita Teguh di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: