Amatilah Peristiwa di Lingkunganmu yang Berkaitan Dengan Hubungan Antara Gaya dan Gerak

Amatilah peristiwa di lingkunganmu yang berkaitan dengan hubungan antara gaya dan gerak. Tuliskan laporan hasil pengamatanmu pada kotak berikut. Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 126, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.

Ayo Mengamati

1. Gaya memengaruhi benda diam menjadi bergerak.

Amatilah peristiwa di lingkunganmu yang berkaitan dengan hubungan antara gaya dan gerak

Gambar di atas menunjukkan peristiwa pintu terbuka dan pintu menutup. Dengan adanya gaya berupa dorongan dan tarikan pintu bergerak membuka dan menutup.

2. Gaya memengaruhi benda bergerak menjadi diam.

Peristiwa bus dari melaju kemudian berhenti. Pada peristiwa itu pak sopir melakukan gaya dengan menginjak rem bus. Dengan gaya yang dilakukan pak sopir bus menjadi lambat, lalu berhenti.

3. Gaya memengaruhi perubahan bentuk benda.

Peristiwa perubahan bentuk plastisin. Pada peristiwa itu anak bermain plastisin dengan melakukan gaya membentuk berbagai bentuk dari plastisin. Dengan gaya yang dilakukan, plastisin menjadi berubah bentuk.

4. Gaya memengaruhi perubahan arah gerak benda.

Peristiwa perubahan arah gerak bola karena gaya yang diberikan pada bola. Pada peristiwa itu bola dilambungkan ke atas sehingga bola bergerak ke atas. Kemudian, bola dipukul ke depan sehingga bola bergerak ke arah depan.

Ayo Berdiskusi

Amatilah peristiwa di lingkunganmu yang berkaitan dengan hubungan antara gaya dan gerak. Tuliskan hasil pengamatanmu pada kotak berikut.

Jawaban:

Laporan Hasil Pengamatan
Nama : Dayu
Kelas : IV
Alamat : Tabanan, Bali

Gaya merupakan suatu tarikan atau dorongan yg menyebabkan benda berubah posisi ataupun arah gerak.

Objek yang diamati: Mendorong mobil yang mogok

Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai peristiwa.

  • Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak. Saat mobil diam (mogok) gaya yang bekerja pada mobil tidak ada. Saat ada orang mendorong dari belakang maka mobil akan bergerak (berpindah posisi) ke arah depan.

Objek yang diamati : Saat mengerem sepeda

Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai peristiwa.

  • Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam. Saat sepeda bergerak, artinya ada gaya yang bekerja padanya. Kemudian saat sepeda diberikan gaya pengereman, maka sepeda menjadi berkurang kecepatannya hingga berhenti.

Objek yang diamati : Mobil yang sedang melaju

Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai peristiwa.

  • Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat. Mobil bisa berjalan, dan melaju lebih cepat karena adanya gaya yang bekerja di dalam mesin.

Objek yang diamati : ermainan Kasti

Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai peristiwa.

  • Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.Pemain kasti yang memukul bola kasti. Saat pemain kasti memukul bola kasti yang dilemparkan padanya bola tersebut terpental balik ke arah lain.

Siti dan Lani sampai di bengkel sepeda. Sambil menunggu pekerja bengkel menambal ban sepeda, Siti dan Lani bercerita. Saat Siti asyik bercerita, tibatiba Lani berteriak sambil menunjuk ke atas. “Ada angsa terbang, cantik, ya” kata Lani. Siti menjadi teringat bahwa ia pernah membaca cerita fiksi Angsa dan Telur Mas. Berikut cerita yang pernah dibaca Siti.

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya berikut ini:

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan cerita “Angsa dan Telur Mas” di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa inti dari teks cerita tersebut?

Jawaban : buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 126. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Terimakasih, selamat belajar!