Analisis Hubungan Antara Laos dan Filipina Tema 8 Kelas 6

Analisis hubungan antara Laos dan Filipina carilah informasi tentang kegiatan ekonomi dan hasil utama, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 115 tepatnya pada materi pembelajaran 4 Subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Analisis hubungan antara Laos dan Filipina

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal persamaan dan perbedaan perekonomian Laos dan Filipina di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 115

Ayo Mengamati

• Carilah informasi tambahan dari berbagai sumber tentang kondisi geografis Laos dan Filipina.
• Bacalah informasi tentang kehidupan perekonomian dan hasil utama di kedua Negara tersebut.
• Analisislah dan carilah hubungannya.

Tuliskan hasil analisismu dalam bentuk uraian . Tentukan kata kunci dan gagasan utamanya terlebih dahulu sebelum kamu menguraikan hasil analisismu.

Jawaban :

Hasil Analisisku

Kata Kunci : Kondisi geografis dan perekonomian
Gagasan utama : Pengaruh Kondisi Geografis Terhadap Perekonomian.

Keadaan alam negara Laos :
Wilayah Laos terkurung daratan dan bergunung-gunung. Laos memiliki barisan pegunungan lipatan yang membujur dari Barat Laut ke Tenggara dengan puncak gunung tertinggi adalah Gunung Bia (2.819 m). Pegunungan Annam membujur di sebelah Timur, dan Plato Boloven terdapat di bagian Selatan. Lembah sungai Mekong di bagian Barat yang mengalir di wilayah Laos dan bermuara di Teluk Tonkin, merupakan daerah yang subur, dan merupakan penghasil beras.

Perekonomian Laos :
Laos merupakan negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah sektor pertanian yang banyak diusahakan di sekitar sungai Mekong. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah perkebunan, peternakan, dan pertambangan.

Keadaan Alam Filipina :
Filipina adalah negara yang mendiami rangkaian kepulauan yang terletak di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi. Daratan Filipina bagian dari pegunungan vulkanis. Puncak-puncak pegunungan tersebut sebagian besar berada di bawah permukaan laut. Kepulauan Filipina termasuk rangkaian Sirkum Pasifik. Maka dari itu, negara ini memiliki banyak gunung api seperti Gunung Mayon di Pulau Luzon, dan Gunung Apa di Pulau Mindanao.

Perekonomian Philipina
Sekitar 45 persen wilayah darat negara Filipina dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Filipina adalah negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah bidang pertanian. Kegiatan penduduk yang lain adalah di bidang perdagangan, industri, dan pertambangan.

Ayo Mencoba

Banyak sekali informasi yang kita dapatkan dari bacaan Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan di atas.
Bersama dengan temanmu, lengkapilah format ulasan cerita yang disediakan.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 115 tentang analisis hubungan antara Laos dan Filipina. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 3 Bumi Matahari dan Bulan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: