Analisis Hubungan Kondisi Geografis dan Sosial Budaya Singapura

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya Singapura, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 71 tepatnya pada materi pembelajaran 3 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya Singapura

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal-soal pembelajaran 2 di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 71

Ayo Mengamati

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Singapura. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

Jawaban :

Kondisi GeografisKondisi Sosial Budaya
– Negara kepulauan.
– Sebagian besar dataran rendah.
– Terletak 137 kilometer di utara Johor.
– Memiliki 63 pulau kecil.
– Lokasi tertinggi di Bukit Timah.
– Terdapat cagar alam (Bukit Timah Nature Reserve) dan taman botani (Singapore Botanic Garden).
– Negara maju
Peraturan ketat.
– Negara terbersih di dunia.
– Tujuan wisata dunia.
– Penduduk padat.
– 85% tinggal di rumah susun.
– Rakyatnya disiplin masalah kebersihan.

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya :

Karena luas negara Singapura kecil atau sempit, maka untuk mengatasi masalah tempat tinggal untuk warganya yang padat, maka pemerintah Singapura menggalakkan rumah susun demi menghemat lahan. Masalah kenyamanan penghuni rumah susun menjadi prioritas utamanya. Masalah sampah adalah masalah utama yang dihadapi oleh penghuni rumah susun yang padat. Setiap orang pasti menghasilkan sampah. Untuk itu, pemerintah dan rakyat Singapura paham betul bahwa sampah harus bisa diatasi. Pemerintah membuat aturan yang ketat mengenai masalah kebersihan dan rakyat Singapura berdisiplin menjalankan peraturan yang berkaitan dengan masalah kebersihan, akhirnya rakyat Singapura tetap nyaman tinggal di rumah susun yang padat. Pemerintah Singapura mampu melakukan efisiensi lahan Singapura yang sempit, dan negara Singapura mendapat predikat negara terbersih di dunia.

Lihat gambar Peta Pikiran Manfaat Konservasi Alam DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 71 tentang analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya Singapura. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 2 Bumiku dan Musimnya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: