Analisis Hubungan Kondisi Geografis dan Sosial Budaya Vietnam Thailand

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya Vietnam dan Thailand, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 77 tepatnya pada materi pembelajaran 4 Subtema 2 Bumiku dan Musimnya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Analisis Hubungan Kondisi Geografis dan Sosial Budaya Vietnam dan Thailand

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal kondisi geografis dan kondisi sosial budaya Vietnam di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 77

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Vietnam dan Thailand. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

Jawaban :

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya :

Wilayah Vietnam terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan. Vietnam bagian selatan berupa dataran rendah yang subur. Gunung-gunung yang ada di Vietnam antara lain, Gunung Ngoch Linh dan Gunung Chu Yang Sin. Sedangkan sungai utamanya adalah Sungai Mekong dan Sungai Sangka. Banyak penduduk Vietnam yang berprofesi sebagai petani karena memiliki tanah yang subur. Kebudayaan Vietnam antara lain pakaian tradisional yang bernama Ao Dai.

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya :

Wilayah geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah. Dataran rendah berada di bagian tengah. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya dan merupakan daerah subur. Daerah pegunungan berada di bagian utara dan barat. Pegunungan kapur berada di bagian timur yang disebut Pegunungan Plato. Tanah Genting Kra yang memanjang Semenanjung Thailand berada di bagian selatan. Kegiatan ekonomi penduduk yang utama adalah sektor pertanian, karena tanahnya yang subur. Daerah pantai di Pattaya merupakan salah satu tempat obyek wisata terkenal dari Thailand.

Ayo Berlatih

Dari bacaan Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara di atas, kesimpulan apa yang kamu dapatkan? (halaman 77-78)

– Tuliskan secara ringkas kesimpulan yang kamu dapatkan dari bacaan. Sebelumnya, identifikasi terlebih dahulu informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan.

– Bekerjalah bersama dengan temanmu. Masing-masing membuat lima pertanyaan dari bacaan “Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara.” Tukarkan pertanyaan yang kamu buat dengan pertanyaan yang temanmu buat. Jawablah pertanyaan tersebut, kemudian periksalah jawabannya. Gunakan bacaan sebagai acuan untuk memeriksa jawaban.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 77 tentang analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya Vietnam dan Thailand. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 2 Bumiku dan Musimnya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: