Apa Ciri Ciri Karya Gambar Cerita? Kelas 5 Tema 2 Halaman 99

Apa Ciri Ciri Karya Gambar Cerita? Pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD halaman 99. Tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia. Untuk menjawab soal dengan benar, kalian baca terlebih dahulu materi lengkap dari halaman 97 sampai 102 di buku tematik siswa.

Apa Ciri Ciri Karya Gambar Cerita

Gambar di atas adalah cuplikan dari buku cerita bergambar berjudul “Todi dan Semut”. Inti cerita “Todi dan Semut” mengisahkan Todi yang gemar makan cokelat dan kue-kue manis, tetapi malas membersihkan sisa-sisa makanan.

Suatu ketika Todi segera tertidur setelah makan kue manis dengan mulut dan tangan kotor terkena sisa-sisa makanan. Saat Todi tertidur, pasukan semut merubungi Todi. Mereka juga menggigit tangan dan muka Todi hingga bentolbentol. Todi terbangun dan menangis karena merasa gatal-gatal. Sejak saat itu Todi selalu membersihkan diri seusai makan.

Diskusikan jawaban-jawaban pertanyaan berikut bersama teman sekelompokmu.
1. Apakah gambar tersebut mendukung cerita?
2. Jika jawabanmu “ya”, apa alasanmu? Jika jawabanmu “tidak”, apa pula alasanmu?

Karya gambar bercerita tentunya kita telah sering menjumpainya. Seperti di koran, di buku cerita, buku cerita bergambar, dan komik. Tentunya dengan adanya gambar seseorang akan menjadi tertarik dalam membaca cerita yang disajikan.

Soal

Kamu telah melihat contoh karya gambar cerita. Apa ciri-ciri karya gambar cerita?

Jawaban :

  • Memberi gambaran singkat tentang isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  • Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita.
  • Memembuat pembaca terlibat secara emosional dalam membaca cerita.
  • Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD halaman 99 tentang Gambar Cerita?. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 3. Semoga bermanfaat.