Apa Contoh Gaya Gesek dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Manfaatnya Bagi Manusia

Apa contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya bagi manusia? Mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar? Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 4 halaman 107, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku.

Apa Contoh Gaya Gesek dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Manfaatnya Bagi Manusia

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Pengetahuan baru apa yang kamu dapat dari teks Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mencoba!

1. Siapkan beberapa pulpen atau pensil. Kumpulkan benda itu sebanyakbanyaknya dari teman-temanmu.
2. Setelah terkumpul, rabalah permukaan setiap benda itu, kemudian peganglah satu per satu. Peganglah dengan cara yang sama.
3. Bandingkan hubungan kelicinan permukaan benda dengan kemudahan memegang benda tersebut.
4. Catatlah hasil kegiatanmu.

Semakin licin permukaan suatu benda, semakin sulit benda tersebut untuk dipegang. Sebaliknya, benda mempunyai permukaan kasar semakin mudah untuk dipegang.

Kekasaran dan kelicinan permukaan benda memengaruhi nilai gaya gesek yang dihasilkan. Gaya gesek adalah gaya berlawanan arah yang dihasilkan oleh satu benda ke benda lain dipengaruhi oleh permukaan benda. Contoh gaya gesek misalnya gaya gesek antara telapak tangan dengan benda yang dipegang atau gaya gesek antara telapak kaki dengan lantai saat kita melangkah.

Ayo Berdiskusi!

Diskusikan jawaban pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya, bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

1. Apa contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya bagi manusia? Jawaban:

Manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari-bagi manusia antara lain :

  • Membantu makhluk hidup dan benda-benda bergerak tanpa tergelincir
  • Menghentikan kendaraan yang sedang bergerak
  • Menciptakan panas seperti pada korek api

2. Mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar?

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 4 SD/MI di buku tematik siswa halaman 107. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku. Terimakasih, selamat belajar!

2 Comments