Apa Hubungan Rempah-Rempah dan Penjajahan di Indonesia

Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia? pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 2. Tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di buku tematik siswa.

Apa Hubungan Rempah-Rempah dan Penjajahan di Indonesia

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal-soal pada Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa bangsa Eropa di buku tematik siswa.

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah rempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 2 

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?

Jawaban : Hal ini dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453. Sedangkan terjadi permusuhan antara bangsa Turki dengan bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah jadi tersendat. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan melakukan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 7 kelas 5 SD halaman 2 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempahrempah?
2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsabangsa Eropa?