Apa Pendapatmu Tentang Sikap Santi Halaman 75 Tema 1 Kelas 6

Apa pendapatmu tentang sikap Santi halaman 75, pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 6 SD/ MI tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 2 Hewan Sahabatku di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal-soal pembelajaran 1 di buku tematik siswa.

Apa Pendapatmu Tentang Sikap Santi Halaman 75 Tema 1 Kelas 6

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 75

Kamu akan belajar penerapan sila keempat Pancasila. Bacalah teks berikut dalam hati.

Santi sangat sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tidak tahan dengan bau yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung.

Peternakan ayam Santi adalah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi memiliki peternakan ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke pasar untuk disimpan di salah satu toko di sana.

Santi tidak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar penduduk mau menerima keberadaan peternakannya. Apapun yang terjadi, Santi akan membela keluarganya agar peternakannya tetap beroperasi.

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut terkait penerapan sila keempat dari Pancasila. Diskusikan jawabanmu bersama teman sekelas.

1. Apa pendapatmu tentang sikap Santi?
2. Apa pendapatmu tentang sikap penduduk?
3. Apa yang sebaiknya Santi lakukan dalam menghadapi masalahnya?
4. Apa yang sebaiknya penduduk lakukan terhadap keberadaan peternakan ayam?

Jawaban :

1. Sikap Santi dan keluarganya cukup beralasan karena peternakan itu dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Namun, terganggunya warga sekitar dengan bau dari peternakan juga harus diperhatikan. Seharusnya santi dan keluarganya lebih mengutamakan kepentingan orang banyak daripada kepentingan pribadi.
2. Sikap penduduk tentunya wajar. Kotoran ayam dari kandang ayam keluarga Santi menyebabkan pencemaran udara berupa bau yang mengganggu kenyamanan warga.
3. Sebaiknya Santi dan orang tuanya memindahkan kandang ayamnya jauh dari pemukiman warga. Lokasi tempat pemeliharaan yang jauh dari pemukiman warga tentunya tidak akan mengganggu kenyamanan warga.
4. Sebaiknya penduduk memusyawarahkan mengenai dampak dari peternakan milik keluarga Santi agar Santi dan keluarganya tidak kehilangan mata pencaharian dan masyarakat pun tidak terganggu dengan bau yang ditimbulkan dari peternakan tersebut.

Lihat pembahasan soal di bawah halaman 77 DISINI

Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat. Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 1 kelas 6 SD halaman 75 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 2 Hewan Sahabatku di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: