Apa Sajakah yang Termasuk Sumber Energi Alternatif? Brainly Kelas 3

Apa sajakah yang termasuk sumber energi alternatif? Berikan satu contoh penggunaan energi alternatif! Pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 halaman 105 – 106, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Energi Alternatif di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Tabel Berikut Isi dengan Hak dan Kewajiban pada pembelajaran 6 subtema 2. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca!

Apakah energi alternatif itu?

Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha tersebut belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak.

Apa sajakah yang termasuk energi alternatif? Perhatikan gambar-gambar berikut!

Apa Sajakah yang Termasuk Sumber Energi Alternatif

Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah.

Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan.

Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 105 – 106

Ayo Berlatih!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
3. Apa sajakah yang termasuk sumber energi alternatif? Jawab: Ada beberapa contoh energi alternatif diantaranya energi panas matahari, energi gerak angin dan energi gerak air.

4. Berikan satu contoh penggunaan energi alternatif! Jawab: Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Kerjakan juga soal nomor 1, 2 dan 5 berikut ini:

1. Apa yang dimaksud dengan energi alternatif?
2. Mengapa perlu energi alternatif?
5. Apa akibatnya jika tidak ada energi alternatif?

Jawaban soal diatas, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 105-106. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soa lain pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Energi Alternatif. Terimakasih, selamat belajar!