Apa Tema Ceritanya Parki dan Alergi Telur Siapa Tokohnya Di mana Latar Apa Jenis Alurnya

Apa tema ceritanya Siapa tokohnya Di mana latar Apa jenis alurnya Apa amanat yang terdapat dalam cerita Parki dan Alergi Telur tersebut. Pembahasan soal Bahasa Indonesia kelas 8 Kegiatan 4 Mendiskusikan Unsur-unsur Karya Fiksi buku kurikulum merdeka materi Bab IV semester 2.

Apa Tema Ceritanya Parki dan Alergi Telur Siapa Tokohnya Di mana Latar Apa Jenis Alurnya

“Ibu memasaknya jadi bermacam masakan,” kata Ibu, “supaya kamu tidak bosan.”

Akan tetapi, tetap saja itu telur! Aarggh! Parki bosan, tetapi Parki tidak ingin membantah Ibu. Jadi, ia makan saja semua hidangan telur. Kadang kalau sudah terlalu bosan, ia membawa telur ke kamarnya dan menyembunyikannya di bawah kasur. Sayangnya, Ibu selalu bisa menemukan. Entah bagaimana caranya. (Baca secara lengkap pada buku)

Kegiatan 4:
Mendiskusikan Unsur-Unsur Karya Fiksi

Kalian sudah mempelajari unsur-unsur yang ada dalam sebuah cerita. Kalian juga sudah mempelajari cara menemukan unsur tersebut. Sekarang, duduklah berkelompok. Bacalah cerita “Parki dan Alergi Telur” secara mandiri, kemudian diskusikan hal-hal berikut dengan teman satu kelompok.

1. Apa tema ceritanya?

Jawaban : Kebosanan Parki terhadap telur.

2. Siapa tokohnya?

Jawaban : Parki, ibu, ayah, dokter.

3. Di mana latar ceritanya?

Jawaban : Rumah dan rumah sakit.

4. Apa jenis alurnya?

Jawaban : Maju.

5. Apa amanat yang terdapat dalam cerita tersebut?

Jawaban : Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Baca Juga Pembahasan Soal Lainnya:

Kegiatan 5:
Mencermati Sifat Tokoh dalam Karya Fiksi

Jawaban, buka DISINI

Demikian pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTS Kegiatan 4 tentang Apa Tema Ceritanya Parki dan Alergi Telur materi Bab IV Mengulas Karya Fiksi di buku kurikulum merdeka kelas VIII semester 2. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

One Comment