Apa Topik Masalah Dari Teks Tersebut Tema 3 Halaman 115 Kelas 6

Apa topik masalah dari teks tersebut Disiplin dan Kerja Keras Awal dari Sebuah Inovasi yang Cemerlang, pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 115 116 117 118 119 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Ayo Menjadi Penemu di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Diagram Pengalaman dalam Menjalankan Kewajiban Baik di Rumah Maupun Sekolah. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Apa Topik Masalah Dari Teks Tersebut Tema 3 Halaman 115 Kelas 6

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 115

Ayo Membaca
Baca dengan teliti teks biografi tentang perjalanan hidup Bapak Habibie, berikut ini:

Disiplin dan Kerja Keras Awal dari Sebuah Inovasi yang Cemerlang
Prof. DR. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie adalah Presiden ketiga RI yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, tanggal 25 Juni 1936.

Masa Kecil
Masa kecil Habibie dilalui di Pare-Pare. Sikap hidup disiplin dan kerja keras telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Ia memiliki semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia melanjutkan
SMA di Bandung dan prestasinya selalu menonjol terutama pada pelajaran IPA dan Matematika.

Perjuangan Keras di Perantauan
Didukung oleh kemauan keras untuk belajar, selepas SMA beliau masuk di ITB (Institut Teknologi Bandung) kemudian mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Jerman jurusan Konstruksi Pesawat Terbang. Ia bertekad bulat untuk bekerja keras dan harus sukses. Habibie selalu menggunakan musim liburannya dengan bekerja mencari uang untuk membeli buku sebagai pendukung sekolahnya.

Tahun 1960, Habibie mendapat gelar Diploma Ing di Jerman dengan nilai sempurna. Ia bekerja di industri kereta api Jerman dan berhasil menemukan cara untuk membuat 1.000 wagon kereta api berkekuatan tinggi. Di pagi buta, Habibie harus berjalan kaki cepat ke tempat kerja yang jauh untuk menghemat kebutuhan hidup, kemudian pulang pada malam hari dan belajar untuk kuliahnya. Tahun 1965 Habibie mendapat gelar Dr. Ingenieur dengan nilai sangat sempurna. (baca secara lengkap di buku tematik)

Jawab pertanyaan berikut:
1. Apa topik masalah dari teks tersebut?
Jawaban : Biografi Prof. DR. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie.

2. Apakah teks tersebut adalah jenis teks eksplanasi ilmiah? Jelaskan dan berikan contoh!
3. Apa pesan yang ingin disampaikan penulis melalui teks tersebut?

Jawaban, buka disini: Apakah Teks Tersebut Adalah Jenis Eksplanasi Ilmiah? Jelaskan dan Berikan Contoh

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 6 SD halaman 115 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 3 Ayo Menjadi Penemu di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: