Apa yang Harus Kalian Lakukan dengan Banyaknya Ragam Seni Rupa

Apa yang harus kalian lakukan dengan banyaknya ragam seni rupa daerah di Indonesia? Mengapa demikian? pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 136, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya di buku tematik siswa sekolah dasar.

Apa yang harus kalian lakukan dengan banyaknya ragam seni rupa daerah di Indonesia

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal sebutkan fungsi karya seni rupa daerah di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 136

Ayo Berdiskusi

Karya seni rupa daerah di Indonesia sangat beragam. Setiap daerah memiliki karya seni yang unik dan khas sehingga berbeda dari daerah lain. Mulai dari batik, tenun/songket, ukir, anyaman, gerabah, hingga lukisan, dan patung semuanya memiliki ciri tradisional daerah asalnya. Beragamnya karya seni rupa daerah menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Coba kamu diskusikan bersama kelompokmu. Apa yang harus kalian lakukan dengan banyaknya ragam seni rupa daerah di Indonesia? Mengapa demikian? Tulislah hasil diskusi dalam kolom berikut.

Jawaban : Kita harus menghormati keanekaragaman karya seni tersebut dengan jalan menunjukkan sikap;
– Tidak menghina hasil karya seni daerah lain.
– Menghormati kelompok atau suku atau daerah lain yang mempunyai karya seni yang berbeda.
– Mau menonton atau menikmati hasil karya seni daerah lain.
– Mau belajar dan mengembangkan berbagai karya seni tradisional tersebut.
– Bangga dengan karya seni dalam negeri yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 9 kelas 5 SD Halaman 136 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pembelajaran 3 subtema 3