Apa yang Menyebabkan Keberadaan Burung Cenderawasih Kian Lama Kian Terancam? Jawab!

Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 4 SD MI halaman 49, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Jelaskan Mengapa Burung Cenderawasih Menjadi Salah Satu Sumber Daya Alam. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Apa yang Menyebabkan Keberadaan Burung Cenderawasih Kian Lama Kian Terancam

Burung cendrawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah atau seringnya terbang di udara dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cendrawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda dalam mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Burung cendrawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cendrawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cendrawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.

Beberapa jenis cendrawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cendrawasih kuning kecil, cendrawasih botak, cendrawasih raja, cendrawasih merah, dan toowa.

Jawablah pertanyaan berikut.

Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam? Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Jawab: Penyebab yang mengancam keberadaan burung cenderawasih antara lain perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih?

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 48 49 50 52 53

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 3 kelas 4 SD MI halaman 49 tentang Apa yang Menyebabkan Keberadaan Burung Cenderawasih Kian Lama Kian Terancam. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku. Terimamasih, selamat belajar!