Apa yang Terjadi Jika Masyarakat Tidak Mau Bertanggung Jawab Atas Masalah Sampah

Apa yang Terjadi Jika Masyarakat Tidak Mau Bertanggung Jawab Atas Masalah Sampah, pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD halaman 105. Tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia di buku tematik siswa.

Untuk menjawab soal dengan benar, kalian baca terlebih dahulu materi lengkap dari halaman 103 sampai 108 di buku tematik siswa.

Jika Masyarakat Tidak Mau Bertanggung Jawab Atas Masalah Sampah

Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah

Agar masyarakatnya sadar dengan kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah, Kelurahan Babakanpasar mengajak warganya dalamGerakan Pungut Sampah (GPS).

Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry menyatakan, GPS ini merupakan program Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2016. Program ini bertujuan agar Kota Bogor terbebas dari sampah. Karena masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab bersama kita semua,” jelasnya.

Rokib berharap ke depannya warga Babakanpasar lebih peduli lagi dengan sampah yang selama ini selalu berserakan sehingga wilayah Babakanpasar terbebas dari sampah.

“Kalau sampah ini sudah tertata dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit,” pungkasnya.

Ayo Menulis

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan “Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah” di atas.

1. Di mana lokasi daerah pada berita tersebut?
2. Apa masalah yang dihadapi?
3. Bagaimana penyelesaian yang diambil oleh pemerintah kota tersebut?
4. Mengapa semua masyarakat bertanggung jawab atas masalah sampah?
5. Apa keuntungannya jika masalah sampah dapat teratasi dengan baik?

Soal

Apa yang terjadi jika masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas masalah sampah? Diskusikan dalam kelompokmu, lalu sampaikan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.

Jawab : Lingkungan akan menjadi kotor dan tercemar. Selain itu akan timbul banyak penyakit akibat sampah yang berserakan di lingkungan

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD halaman 105 tentang sampah di Kelurahan Babakanpasar. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 3. Semoga bermanfaat.