Apakah Kamu Tahu Apa Saja Manfaat Dari Batu Bara? Jelaskan

Apakah kamu tahu apa saja manfaat dari batu bara? Jelaskan! Pembahasan soal tema 2 kelas 4 SD/MI di buku paket tematik halaman 83. Tepatnya pada rangkuman materi pembelajaran 5 subtema 2 Manfaat Energi. Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari materi sebelumnya di mana kita telah mengulas tentang cara membandingkan pecahan.

Aku bangga sebagai anak Indonesia dengan sumber daya alam yang yang kita miliki. Bagaimana dengan kamu? Ayo, kita ketahui lebih lanjut satu lagi sumber daya alam Indonesia, yaitu batu bara. Apa saja manfaat batu bara?

Ayo Mengamati!

Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam. Batu bara adalah salah satunya. Apakah kamu tahu apa saja manfaat dari batu bara?

Perhatikan gambar berikut.

Apakah Kamu Tahu Apa Saja Manfaat Dari Batu Bara Jelaskan

Apa manfaat batu bara? Beberapa manfaat penggunaan batu bara diantaranya meliputi untuk bahan bakar pembangkit listrik, bahan pembuat baja, pembuatan karbon aktif dan serat karbon, serta untuk bahan bakar berbagai kegiatan industri.

Batubara memiliki banyak kegunaan penting di berbagai kegiatan. Penggunaan batubara yang paling penting adalah dalam pembangkit listrik. Pembangkit listrik menggunakan batubara uap atau juga dikenal sebagai batubara termal.

Batu bara juga digunakan pada produksi baja, manufaktur semen dan sebagai bahan bakar cair. Pembuatan baja menggunakan batubara kokas, atau juga dikenal sebagai batubara metalurgi

Kegunaan penting lainnya dari batubara adalah sebagai bahan bakar dalam industri seperti kilang alumina, produsen kertas, dan bahan pada industri kimia dan farmasi.

Beberapa produk kimia bisa dihasilkan dari hasil sampingan batu bara. Batubara yang dimurnikan digunakan dalam pembuatan bahan kimia, seperti naftalena, fenol, dan benzena.

Gas amonia yang dihasilkan dari oven kokas digunakan untuk pembuatan garam amonia, asam nitrat dan pupuk pertanian. Berbagai produk berbeda memiliki produk sampingan batubara atau batubara sebagai komponen, seperti sabun, aspirin, pelarut, pewarna, plastik dan serat rayon serta nilon.

Batu bara juga merupakan unsur penting dalam produksi produk khusus seperti Karbon aktif, yang digunakan dalam filter untuk pemurnian air dan udara dan mesin cuci ginjal ginjal, serta pembuatan serat karbon, yaitu bahan penguatan yang sangat kuat namun ringan yang digunakan dalam konstruksi, sepeda gunung dan raket tenis.

Setelah membaca penjelasan diatas. Sekarang buatlah pertanyaan tentang pemanfaatan batu bara pada gambar di atas dan tuliskan pada kolom yang tersedia.

Demikian pembahasan kunci soal tema 2 kelas 4 SD di buku tematik halaman 83 tentang apa saja manfaat batu bara. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!