Arti Kata Daya Tahan, Teknologi, Pengemasan dan Kedap Udara

Arti kata daya tahan, teknologi, pengemasan, dan kedap udara. Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”. Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus! Kamu bisa minta bantuan pada orang tua atau gurumu.

Arti Kata Daya Tahan, Teknologi, Pengemasan dan Kedap Udara

Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 halaman 42. Tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Bacalah teks berikut!

Pengolahan Susu Sapi

Susu merupakan hasil utama dari sapi perah. Susu sapi segar memiliki daya tahan sekitar 5 jam saja. Susu perlu diolah dengan baik supaya gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.

Pengolahan susu sapi dapat dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga agar makanan tetap awet.

Susu sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan baru. Contohnya adalah yoghurt, keju, permen, mentega, hingga es krim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak.

Dalam proses pengolahan susu, yang paling penting setelah hasilnya adalah cara mengemasnya. Pengemasan produk dapat menentukan daya tahan makanan tersebut. Daya tahan susu yang dikemas dengan plastik biasa akan berbeda dari susu yang dikemas dengan kardus kedap udara.

Ayo Berlatih

Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”.

Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus! Kamu bisa minta bantuan pada orang tua atau gurumu.

Jawaban:

  • Daya tahan artinya kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dari luar yang dapat merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya).
  • Teknolgi artinya metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan.
  • Pengemasan artinya proses, cara, perbuatan mengemasi.
  • Kedap udara artinya tidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembus oleh udara.

Baca juga pembahasan soal halaman selanjutnya dibawah ini:

Buat kalimat baru menggunakan kata-kata di atas!

Contoh kaliamat, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD/MI di buku tematik siswa halaman 42 tentang Arti Kata Daya Tahan, Teknologi, Pengemasan dan Kedap Udara. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. Terimakasih, selamat belajar!