Ayam Betutu Berasal dari Daerah Mana? Tradisi Sejarah Asli Nusantara

Makanan tradisional Ayam Betutu berasal dari daerah mana? Salah satu pertanyaan yang muncul setelah kamu melihat video pembelajaran SMP belajar di rumah dari TVRI (Televisi Republik Indonesia) tentang Tradisi Asli Nusantara.

Ayam atau bebek betutu merupakan makanan tradisional dari daerah Bali atau Provinsi Bali. Makanan ini wajib Anda coba saat berlibur ke bali mengunjungi beberapa destinasi wisata yang populer.

Ayam Betutu Berasal dari Daerah Mana
Sumber foto : https://cookpad.com/

Seperti yang kita ketahui, Pulau Bali atau Pulau Dewata merupakan salah satu daerah tujuan utama wisatawan lokal maupun dari mancanegara. Banyak terdapat obyek wisata budaya dan keindahan alam yang terdapat di Bali.

Nah untuk mencoba masakan ayam betutu, kamu dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat yang menghidangkan makanan tradisional ini, baik itu di kota maupun tersebar di daerah-daerah.

Namun ayam atau bebek betutu yang paling terkenal di Bali adalah ayam betutu khas Gilimanuk.

Sejarah Ayam Betutu Makanan Asli Daerah Bali

Sejarah ayam betutu sangat lekat asal muasalnya dari wilayah Gianyar di Ubud Bali. Namun dengan perkembangan zaman, masakan ini menyebar ke seluruh wilayah di Provinsi Bali.

Apa sebenarnya arti dari Betutu? Betutu adalah teknik mengolah daging ayam atau bebek dengan dilapisi daun pinang, kemudian disekam dalam api yang disimpan di tanah dari batu-batuan yang sudah dipanaskan. Jadi betutu bukanlah nama makanan, tetapi teknik pengolahan makanan.

Teknik pengolahan betutu yang khas ini merupakan warisan dari masa kerajaan Majapahit. Tepatnya pada abad ke 16 ketika pengaruh Islam masuk ke Tanah Jawa. Kemudian banyak orang pemeluk agama Hindu tidak ingin memeluk Islam dan akhirnya lari ke wilayah Bali.

Nah budaya kuliner pengolahan teknik betutu ini kemudian di bawa ke wilayah Bali. Selain betutu, beberapa kuliner khas Bali lainnya seperti contohnya lawar.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai makanan tradisional Ayam Betutu yang berasal dari daerah Provinsi Bali. Sekian, terimakasih.