Bacalah Teks Tari Kipas Pakarena Kemudian Carilah Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukungnya Kelas 4 Halaman 52 53 54

Bacalah teks Tari Kipas Pakarena, kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 52 53 54, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Buatlah contoh desain batik dari bangun segi banyak, berikut adalah contohnya. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Membaca!

Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!

Tari Kipas Pakarena

Bacalah Teks Tari Kipas Pakarena Kemudian Carilah Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukungnya

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Jawaban Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Tari Kipas Pakarena

Paragraf 1

Gagasan pokok : Tari kipas pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan.

Gagasan pendukung : Tarian ini sudah menjadi tradisi masyarakat gowa.

Paragraf 2

Gagasan pokok : Kisahnya bermula dari perpisahan antara penghuni negeri khayangan dan penghuni bumi.

Gagasan pendukung : Penghuni khayangan mengajarkan kepada penghuni bumi cara menjalani hidup.

Paragraf 3

Gagasan pokok : Kisah ini diabadikan dalam gerakan tarian

Gagasan pendukung : Cara menari yang lembut merupakan cerminan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat.

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman Selanjutnya :

Ayo Mengamati!

Diskusikan hasilmu dengan hasil temanmu. Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan? Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.
• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
• Bandingkan hasilnya.

Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan!

Jawaban soal diatas, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 52 53 54 tentang Bacalah Teks Tari Kipas Pakarena Kemudian Carilah Gagasan Pokok dan Pendukung. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku. Terimakasih, selamat belajar! Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 46 47 48 49 50 52 53 54 55 56 57 Pembelajaran 4 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

2 Comments