Bagaimana Cara Menghargai Usaha Membuat Benda-Benda Daur Ulang

Bagaimana cara menghargai usaha membuat benda-benda daur ulang?pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD halaman 106. Tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia di buku tematik siswa.

Untuk menjawab soal dengan benar, kalian baca terlebih dahulu materi lengkap dari halaman 103 sampai 108 di buku tematik siswa.

Bagaimana cara menghargai usaha membuat benda-benda daur ulang

Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah

Agar masyarakatnya sadar dengan kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah, Kelurahan Babakanpasar mengajak warganya dalamGerakan Pungut Sampah (GPS).

Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry menyatakan, GPS ini merupakan program Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2016. Program ini bertujuan agar Kota Bogor terbebas dari sampah. Karena masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab bersama kita semua,” jelasnya.

Rokib berharap ke depannya warga Babakanpasar lebih peduli lagi dengan sampah yang selama ini selalu berserakan sehingga wilayah Babakanpasar terbebas dari sampah.

“Kalau sampah ini sudah tertata dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit,” pungkasnya.

Ayo Berdiskusi

Apa yang terjadi jika masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas masalah sampah? Diskusikan dalam kelompokmu, lalu sampaikan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.

Pemulung Sampah

Sampah yang menumpuk dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan organ pernapasan. Tahukah kamu ada orang yang kegiatan sehariharinya adalah mengumpulkan sampah yang dapat diolah kembali? Ya, betul. Kita biasa menyebutnya pemulung.

Para pemulung mengumpulkan botol-botol plastik, koran bekas, majalah bekas, dan benda-benda lain yang dapat diolah lagi. Benda-benda itu disetorkan kepada orang-orang yang dapat mengolahnya menjadi benda-benda lain yang berguna. Berikut ini beberapa gambar benda hasil daur ulang.

Soal

Bagaimana cara menghargai usaha membuat benda-benda daur ulang?

Jawaban :Dengan cara ikut menggunakan benda-benda hasil daur ulang.

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 5 SD halaman 106 tentang Pemulung Sampah. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 3 berikut. Semoga bermanfaat.

  • Apa pendapatmu mengenai pekerjaan sebagai pemulung?
  • Apa pendapatmu mengenai usaha pembuatan benda-benda daur ulang?
  • Bagaimana cara menghargai jasa para pemulung?