Bagaimana Cara Pencapaian Mufakat Dari Perbedaan Pendapat Tersebut

Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut? Pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 117, tepatnya pada materi pembelajaran 4 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal sikap dalam musyawarah yang mendorong persatuan dan kesatuan lengkap di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 117

Ayo Membaca

Peristiwa pengambilan mufakat secara musyawarah merupakan salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Peristiwa tersebut dapat mempersatukan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelasmu.

1. Tentukan satu atau tiga tema musyawarah untuk mengerjakan sebuah proyek bersama, misalnya “Menyelenggarakan Lomba Membuat Poster Cinta Tanah Air dan Bangsa di Sekolah”; atau “Menyelenggarakan Kegiatan Bakti Sosial di Rumah-rumah Ibadah di Sekitar Sekolah”; atau “Menyelenggarakan Kegiatan Jalan Bersama untuk Aksi Cinta Indonesia”.

2. Pilihlah satu atau dua orang untuk memimpin musyawarah.

3. Pilih satu orang untuk mencatat hasil musyawarah.

4. Hal-hal yang dimusyawarahkan:
a. Tujuan kegiatan sehubungan dengan usaha meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.
b. Bentuk kegiatan
c. Cara melaksanakan kegiatan
d. Pembentukan panitia pelaksana kegiatan
e. Pembagian tugas setiap bagian kegiatan

5. Di akhir kegiatan, setiap siswa akan melakukan refleksi terhadap proses musyawarah dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

a. Bagaimana proses berjalannya musyawarah? (musyawarah berjalan lancar dan tertib)
b. Perbedaan pendapat apa saja yang telah muncul? (tidak ada)
c. Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut? (mufakat diperoleh dengan menyatukan semua pendapat peserta musyawarah)
d. Bagaimana peran pemimpin diskusi? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pemimpin diskusi? (tugas ketua diskusi adalah membuka dan menutup diskusi, membangkitkan niat anggota untuk menyampaikan gagasan, menengahi anggota yang berdebat, serta mengemukakan kesimpulan hasil diskusi. Sikap yang diperlukan seperti adil, cermat, dan teliti)
e. Apa peran pencatat kegiatan musyawarah? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pencatat kegiatan musyawarah? (peran mencatat usulan yang disampaikan peserta musyawarah dan mencatat hasil keputusan musyawarah. Sikap yang diperlukan seperti teliti, cermat, dan percaya diri)
f. Bagaimana peran dan tanggung jawab peserta musyawarah? (wajib hadir sebelum acara musyawarah dimulai, Ikut serta dalam mengambil keputusan bersama, dan Mematuhi dan melaksanakan hasil keputusan bersama)
g. Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi peserta musyawarah? (lapang dada, jujur, mementingkan kepentingan bersama, menghargai pendapat)
h. Bagaimana kegiatan musyawarah ini dapat memengaruhi persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitarmu?(musyawarah yang disertai dengan sikap toleransi, tidak menang sendiri, dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi maka membuat persatuan dan kesatuan semakin kuat)

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat tentang kegiatan musyawarah yang memengaruhi persatuan dan kesatuan masyarakat?

Jawaban : Bahwa dalam setiap musyawarah harus diliputi semangat gotong royong, kekeluargaan, mengutamakan kepentingan bersama sehingga hasil musyawarah tersebut makin mempererat persatuan dan kesatuan.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 117 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pembelajaran 5 subtema 2