Bagaimana Dengan Kehidupan dan Budaya Indonesia Tema 1 Kelas 6

Bagaimana dengan kehidupan dan budaya indonesia? pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 6 halaman 13 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Tumbuhan Sahabatku di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang manfaat perkembangbiakan generatif di buku tematik siswa.

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat ASEAN

Bagaimana Dengan Kehidupan dan Budaya Indonesia Tema 1 Kelas 6

A. Brunei Darussalam
Kampung Ayer adalah desa terapung di Brunei Darussalam. Tahun 1400 Kampung Ayer sempat menjadi pusat pemerintahan. Saat ini banyak penduduknya yang memiliki perahu pribadi dan disimpan di bawah rumah apung mereka.

Budaya Brunei banyak dipengaruhi oleh ajaran Islam. Mayoritas penduduknya adalah orang Melayu. Kata “Brunei” berasal dari kata “Nah Baru” yang diucapkan oleh Awang Alak Betatar, penemu negara ini. Kata “Darussalam” berarti “Tempat yang Damai” atau “Rumah Keamanan”. Dalam percakapan, menunjuk dengan jari telunjuk dianggap kasar. Secara tradisional, orang Brunei tidak berjabat tangan dengan lawan jenis. Melepaskan sepatu adalah kebiasaan umum orang Brunei sebelum memasuki rumah orang lain.

B. Malaysia
Patung Dewa Murungga di Malaysia merupakan patung berukuran 42.7 meter. Patung ini terletak di Batu Caves, gua yang merupakan salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murungga.

Malaysia memiliki kota yang bernama George Town, yaitu kota yang terdaftar dalam UNESCO World Heritage. Kota ini terletak di Pulau Penang. George Town adalah kota yang memiliki ragam jenis budaya. Banyak gedung peninggalan masa Eropa dan bangunan bernuansa Melayu Tionghoa. Tiga kaum utama di Malaysia adalah Melayu, Cina, dan India. Musik tradisionalnya banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Islam, India, dan Indonesia. Makanan khasnya adalah nasi lemak. (Baca materi secara lengkap di buku tematik siswa)

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 13

Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia?
Diskusikanlah budaya dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dengan temanmu. Kamu dapat menemukan tambahan informasi melalui gurumu atau buku bacaan di perpustakaan.

Jawaban :

Indonesia adalah negara kepulauan yang dihuni oleh beragam suku bangsa dengan budayanya masing-masing. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia. Agama yang paling banyak dianut di negara ini adalah agama Islam.

Indonesia merupakan negara yang berbentuk republik dengan kepala negara seorang presiden. Indonesia pernah dijajah oleh Portugis, Belanda, dan Jepang. Salah satu olah raga tradisional Indonesia adalah pencak silat. Bunga melati putih (Jasminum sambac) merupakan salah satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Kebiasaan minum teh di Indonesia pun tidak mengenal waktu khusus.

Bangsa indonesia memiliki budaya gotong royong. Budaya gotong royong menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.. Indonesia juga memiliki tarian dan kesenian yang sudah dikenal masyarakat dunia seperti tari saman dari aceh dan tari kecak dari Bali. Kesenian yang terkenal antara ain wayang dan Reog Ponorogo.

Ayo Menulis

Pilihlah dua negara ASEAN. Carilah perbedaan dan persamaan karakteristik dari kedua negara tersebut mulai dari tumbuhan yang hidup, khususnya bunga yang menjadi ciri khas negara dan kondisi sosial budaya mereka. Kamu bisa menyebutkan nama bunga, nama sebutan (apabila ada), pemanfaat, dan tempat tumbuhnya. Tulislah pemikiranmu tentang karakteristik negara pada diagram Venn yang telah disiapkan.

Lihat jawaban dalam bentuk diagram DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 1 kelas 6 SD halaman 13 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 1 tumbuhan sahabatku di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: