Bagaimana Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia Saat Ini

Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini berikanlah beberapa contoh! Pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 48 sampai 49, tepatnya pada materi pembelajaran 4 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh para pendiri bangsa di buku tematik siswa.

Ayo Membaca

Makna Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, dan adat budaya. Makna kesatuan di dalamnya adalah Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia. Dari segi geografis, kita dapat melihatnya dari peta wilayah Indonesia. Pengertian wilayah Indonesia berarti bagian bumi yang membentang dari 95° sampai 141° Bujur Timur dan 6° Lintang Utara sampai 11° Lintang Selatan. Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, sesuai dengan batas-batas wilayahnya.

Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini berikanlah beberapa contoh

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah juga rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang bermukim di dalam wilayah itu. Senasib karena telah berhasil menjadi bangsa yang merdeka dan membentuk negara kesatuan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (baca secara lengkap di buku tematik)

Kunci jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 48 sampai 49

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

4. Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini? Berikanlah beberapa contoh!

Jawaban : Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini terus dipelihara, karena sangat penting bagi bangsa Indonesia yang memiliki ratusan suku dan adat budaya. Dengan tetap adanya persatuan maka rasa kebersamaan, sikap toleransi, kekeluargaan dan saling melengkapi akan tetap terjaga.

Contohnya seperti, tidak membeda-bedakan suku, ras, ataupun agama yang akan membuat perpecahan, dan mempelajari seni budaya dan kearifan lokal demi menjaga budaya Indonesia dari pengaruh gempuran budaya asing.

5. Carilah satu berita utama tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah berita utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang makna persatuan dan kesatuan yang ada di dalam berita utama tersebut.

Jawaban :

Judul : Racikan Toleransi di Semangkuk Soto Kudus
Sumber : www.liputan6.com

Makna persatuan dan kesatuan dalam berita :
– Tak hanya warga Kudus yang menikmati soto dan pindang kerbau, ada pula yang datang dari Jakarta.
– Soto Kudus merupakan akulturasi Tiongkok dan nusantara.
– Soto Kudus merupakan simbol nyata toleransi di Tanah Air.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 48 sampai 49 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pembelajaran 5 subtema 1