Bagaimana Pendapat Kalian Tentang Sifat Darman dan Darmin Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 14

Bagaimana pendapat kalian tentang sifat Darman dan Darmin? Sifat-sifat manakah yang bisa kalian tiru? Mengapa? Adakah saran yang dapat kalian berikan kepada Darman dan Darmin? Pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 14 pada buku kurikulum Merdeka Belajar. Tepatnya pada BAB 1 “Aku yang Unik”.

Bagaimana Pendapat Kalian Tentang Sifat Darman dan Darmin Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 14

Pembahasan kali ini merupakan lajutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Setelah Menyimak Teks Darman dan Darmin Dapatkah Kalian Menyebutkan Sifat Dari Masing-Masing Anak. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Bacalah teks di bawah ini.

DARMAN DAN DARMIN
Cerita Rakyat dari DKI Jakarta

Dahulu kala, di suatu daerah di Jakarta, tinggallah saudagar kaya bernama Pak Salim. Dia terkenal sebagai tuan tanah. Pak Salim mempunyai dua orang anak. Anak pertama bernama Darman dan anak kedua bernama Darmin. Sepeninggal istrinya, Pak Salim merawat kedua anaknya seorang diri.

Kedua anak Pak Salim memiliki sifat yang sangat berbeda. Dari kecil, Darman senang bermain silat. Untuk memperdalam silatnya, dia tidak segan-segan mencari ilmu ke berbagai perguruan silat. Namun, ilmu yang dimilikinya tidak dimanfaatkan dengan baik. Darman sering terlibat perkelahian dengan anak-anak di sekitar kampungnya.

Setiap hari, ada saja orang yang mengadu kepada Pak Salim akibat perbuatan Darman. Pak Salim sudah berusaha memasukkan Darman ke sekolah, tetapi dia sering bolos. Akhirnya, Pak Salim membiarkannya memilih jalan hidup sendiri.

Beda halnya dengan anak kedua Pak Salim, Darmin. Sejak kecil, dia rajin mengikuti pengajian di sekitar kampungnya. Dia juga sering menolong tetangga yang kesusahan. Di sekolah, Darmin dikenal sebagai anak yang pintar. Oleh sebab itu, dia sering diminta ayahnya membantu pembukuan keuangan.

Selain memiliki dua anak laki-laki, Pak Salim juga mengangkat anak perempuan bernama Amini. Orang tua Amini dan Pak Salim bersaudara. Karena kemiskinannya, orang tua Amini memercayakan pengasuhan anaknya kepada Pak Salim. Mereka ingin anaknya mendapat pendidikan yang baik. Sejak kecil, Amini lebih dekat dengan Darmin karena mereka memiliki sifat yang sama.

Berbicara Berdiskusi Mempresentasikan

Diskusikan bersama teman-teman sekelas kalian hasil identifikasi sifat-sifat dari tokoh dalam cerita Darman dan Darmin.

1. Bagaimana pendapat kalian tentang sifat Darman?
Jawab: Sifat Darman tidak baik dan merugikan orang lain

2. Bagaimana pendapat kalian tentang sifat Darmin?
Jawab: Sifat Darmin sangat terpuji, baik, dan bisa kita tiru.

3. Sifat-sifat manakah yang bisa kalian tiru? Mengapa?
Jawab: Sifat yang bisa kita tiru adalah sifat Darmin, karena bermanfaat dan tidak merugikan orang lain.

4. Adakah saran yang dapat kalian berikan kepada Darman dan Darmin?
Jawab: buka DISINI

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman 15 berikut ini:

Makna Kata

Sinonim
Sinonim adalah persamaan makna kata.
Sinonim dari pintar adalah pandai.
Sinonim dari rapi adalah apik.

Latihan
Pasangkan kata-kata di bawah ini dengan sinonimnya. Lalu tulislah dalam kotak, kata-kata mana yang menggambarkan sifat yang patut ditiru dan mana sifat yang sebaiknya dihindari.

bahasa indonesia kelas 5 halaman 15

Jawaban, buka disini: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 15

Demikian pembahasan soal Bahasa Indonesia Kelas 5 SD MI kurikulum merdeka belajar pada halaman 14 tentang Bagaimana Pendapat Kalian Tentang Sifat Darman dan Darmin. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar.

2 Comments