Bagaimana Pengakuan Kedaulatan Indonesia Terjadi Tema 7 Kelas 5

Bagaimana proses pengakuan kedaulatan Indonesia terjadi? pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 141. Tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Bagaimana proses pengakuan kedaulatan Indonesia terjadi

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Kapan Peristiwa KMB Terjadi di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 141

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Bagaimana proses pengakuan kedaulatan Indonesia terjadi?
Jawaban: Pengakuan kedaulatan Indonesia dilaksanakan di Belanda dan di Indonesia. Wakil Indonesia yang menandatangani pengakuan kedaulatan di negeri Belanda adalah Drs. Muh. Hatta dan wakil dari Belanda adalah Ratu Yuliana. Adapun proses penandatanganan di Indonesia, pihak Belanda diwakili oleh Lovink dan wakil Indonesia adalah Sultan Hamengkubuwono IX.

Apa makna KMB bagi bangsa Indonesia?
Jawaban: Berakhirlah penjajahan dan kekuasaan Belanda atas Indonesia dan Peristiwa tersebut juga menandai berdirinya negara Republik Indonesia Serikat (RIS).

Ayo Berlatih

Bersama teman-temanmu, carilah informasi mengenai permasalahan berikut. Salah satu hasil dari KMB adalah Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir Desember 1949.

Apakah Republik Indonesia Serikat itu (RIS)? Carilah informasi mengenai RIS. Informasi dapat kamu peroleh dengan melakukan kegiatan-kegiatan berikut.

Lihat jawaban soal di atas lengkap DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 7 kelas 5 SD halaman 141 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 6 subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: