Bagaimana Sikap Kupu-kupu Terhadap Semut? Bagaimana Cara Menolong

Bagaimana sikap Kupu-kupu terhadap Semut? Bagaimana cara kupu-kupu menolong semut? Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 2 halaman 135, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain buku tematik siswa revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Mengapa Semut mengejek Kepompong? Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Bagaimana Sikap Kupu-kupu Terhadap Semut

Ayo Mengamati! Ayo mencari tahu cerita tentang binatang!

“Kupu-kupu Berhati Mulia”

Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor Semut berjalan-jalan di kebun sekolah. Ia sangat senang karena bisa berjalan-jalan melihat kebun sekolah yang sangat indah. Sang Semut berkeliling kebun sekolah sambil menyapa binatang-binatang yang berada di kebun sekolah itu.

Ia melihat sebuah Kepompong yang menggantung di ranting. Sang Semut mengejek bentuk Kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana. “Hai Kepompong, alangkah buruk nasibmu. Kamu hanya bisa terdiam dan tergantung di situ. Ayo jalan-jalan, lihat kebun sekolah yang luas dan indah ini. Bagaimana nasibmu bila ranting itu patah?” Kepompong itu hanya terdiam.

Hingga pada suatu hari, Semut berjalan-jalan di kebun sekolah itu. Karena hujan, kebun sekolah itu dipenuhi lumpur sehingga Semut pun tergelincir dan jatuh ke lumpur, Semut itu jatuh. Semut itu berteriak minta tolong sekencang mungkin. “Tolong bantu aku, aku mau tenggelam, tolong … tolong … tolong aku!”

Untunglah saat itu ada seekor Kupu-kupu terbang melintas, kemudian Kupu-kupu itu menjulurkan sebuah ranting ke arah Semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu, nanti aku akan mengangkat ranting itu”. Lalu si Semut memegang erat-erat ranting itu.

Dengan sekuat tenaga, Kupu-kupu mengangkat ranting tersebut, kemudian Kupu-kupu menurunkannya di tempat yang aman. Semut berterima kasih kepada Kupu-kupu karena telah menolong nyawanya. “Aku adalah Kepompong yang pernah kau ejek”, kata si Kupu-kupu.

Ternyata Kepompong yang dulu diejek Semut sudah menyelamatkannya. Akhirnya sang Semut pun berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di kebun sekolah itu.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 135 – 136

Ayo Membaca

Secara berkelompok, bacalah dongeng di atas! Salah satu siswa membaca, sementara anggota kelompok lainnya menyimak.

Ayo Berlatih

4. Bagaimana sikap Kupu-kupu terhadap Semut? Jawab: Kupu-kupu menolong Semut

5. Bagaimana cara Kupu-kupu menolong Semut? Jawab: Kupu-kupu menyuruh Semut memegang ranting, kemudian Kupu-kupu membawa ranting terbang.

Baca juga jawaban soal nomor 6 dan 7 berikut ini:

6. Setelah Kupu-kupu menolong Semut, apakah yang diucapkan oleh Semut kepada Kupu-kupu?
7. Tulislah janji yang diucapkan oleh Semut setelah ditolong oleh Kupu-kupu!

Jawaban: buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 2 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 135. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain. Terimakasih, selamat belajar!