Bagaimana Sikapmu Terhadap Teman yang Memiliki Kegiatan Keagamaan Berbeda di Rumah

Bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki kegiatan keagamaan berbeda di rumah bersama keluarga! Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 2 halaman 38, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Kebersamaan di Rumah. Buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Bagaimana Sikapmu Terhadap Teman yang Memiliki Kegiatan Keagamaan Berbeda di Rumah

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang tulislah kegiatan kebersamaan di rumah yang berkaitan dengan pelaksanaan agama masing-masing. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Mengamati

Hampir setiap malam, Siti dan Ali bersama keluarga melaksanakan salat Magrib berjamaah. Setelah salat, Siti dan Ali belajar mengaji. Usai mengaji, Siti dan Ali belajar. Ibu mengajari Siti mengerjakan tugas sekolah. Ayah mengajari Ali mengerjakan tugas sekolah.

Ayo, cari tahu kebersamaan setiap keluarga dalam menjalankan agamanya masing-masing!

Ayo Berdiskusi

Bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki kegiatan keagamaan berbeda di rumah bersama keluarga!

Jawab: Kita harus menghargai dan menghormati teman yang memiliki kegiatan agama yang berbeda.

Siti mengerjakan tugas sekolah. Siti menulis ulang cerita dongeng yang diceritakan ibu guru. Siti menulis ulang dongeng dengan bahasa sendiri.

Ayo Menulis

Tulislah kembali dongeng “Kecerdikan Membawa Kebaikan” dengan bahasamu sendiri!

Jawab:

Kecerdikan Membawa Kebaika

Pada zaman dahulu, hiduplah seekor ular dan tikus pasir. Meski sang ular mencoba memburu sang tikus, namun si tikus selalu berhasil menghindar, sehingga hal ini membuat si ular marah. Si tikus pun tak takut, ia bahkan berkata bahwa ia tidak sedikitpun takut pada ancaman sang ular.

Hari berganti hari, tapi ular masih saja belum mendapat makanan. Dalam kelaparannya, ia mengendap menuju sarang tikus, yang ternyata sedang tidur pulas. Ular mengejutkan tikus dan bersiap untuk menyantapnya, tapi ternyata tikus punya akal cerdik.

Sambil berpura-pura menguap, ia mengatakan bahwa untuk memakannya, sang ular butuh setidaknya satu teman lain. Selain itu, tak ada hewan yang bisa hidup sendiri. Sang ular dengan bodohnya mempercayai ucapan tikus. Ia kemudian urung memakan tikus karena tidak mau hidup sendiri. Sejak saat itu, ular dan tikus mencari makanan bersama-sama.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 2 SD/MI di buku tematik siswa halaman 38. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtema 1 Kebersamaan di Rumah. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!