Caramu Untuk Menentukan Tokoh Utama dan Tambahan Dari Cerita

Bagaimanakah caramu untuk menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dari cerita tersebut? Pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 33, tepatnya pada materi pembelajaran 3 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Bagaimanakah caramu untuk menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dari cerita tersebut

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal masih ingatkah kamu tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi di buku tematik siswa.

Ayo Membaca

Si Hitam
Oleh Diana Karitas

Kak Irma mendapati adiknya, Rina menangis tersedu di teras rumah. Kak Irma yang baru pulang kuliah segera memeluk adiknya yang masih kelas enam itu. Keadaan rumah terlihat sepi, tidak seperti biasanya. Ia tahu ayah dan ibu masih di kantor, tetapi biasanya keadaan rumah tidak sesepi ini.

“Kenapa, Dik?” tanya Kak Irma. Rina tak segera menjawab. Ia malah tersedu semakin keras. Mbak Tati, yang biasa menemani Rina bergegas datang menghampiri mereka memasuki pekarangan rumah. Mbak Tati tampak terengah dan berkeringat.

“Ada apa, Mbak? Mbak Tati dari mana? Mengapa Rina ditinggal sendiri di rumah?” tanya Kak Irma tanpa melepas pelukannya kepada adiknya.

“Ini, Kak Irma. Si Hitam tidak pulang sedari tadi. Saya tadi berusaha mencarinya ke seluruh komplek ini. Tetapi saya tidak menemukannya,” jawab Mbak Tati dengan wajah panik.

Segera Kak Irma tersadar. Rumah yang sepi, tidak ada suara manja kucing kesayangan Rina. Ternyata ini penyebab Rina sedih. Kucing kesayangannya belum kembali.

“Kak Irma, apa yang bisa kita lakukan agar Si Hitam kembali, Kak? Si Hitam pasti bersedih mencariku. Bagaimana ia akan makan? Bagaimana ia akan tidur? Pergi ke manakah kucing kecil itu?” tanya Rina masih tersedu.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 33

Perhatikan baik-baik cerita fiksi di atas untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut.

1. Bagaimana menurutmu cerita fiksi di atas? Apakah kamu menyukai ceritanya? Mengapa?
2. Masih ingatkah kamu tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi? Menurutmu apakah perbedaan keduanya?
3. Bagaimanakah caramu untuk menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dari cerita tersebut?

Jawaban : Tokoh utama dan tokoh tambahan biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam cerita tersebut. Sedangkan untuk mencari tokoh tambahan adalah mencari tokoh yang berperan sebagai pelengkap dalam cerita.

Ayo Menulis

Berdasarkan cerita fiksi Si Hitam, lakukanlah kegiatan berikut ini.
1. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskan tentang tokoh utama dan tokoh tambahan dalam cerita Si Hitam.
2. Jelaskanlah gambar tersebut dengan menuliskan beberapa kata kunci tentang sifat dan ciri fisiknya dan mengapa kamu menggambarkannya demikian. Gunakan dua kotak berikut ini untuk mengerjakannya.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 33 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: