Bahan Dasar Pembuat Garam Adalah Pasir Air Laut Air Biasa

Bahan dasar pembuat garam adalah pasir air laut air biasa? Pembahasan kunci jawaban soal pilihan ganda pada materi pembelajaran 1 tema 3 kelas SD/MI di buku tematik halaman 177. Tepatnya pada subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku.

Untuk mengerjakan soal pilihan ganda secara benar, silahkan kalian baca terlebih dahulu teks dibawah ini!

Bertani Garam

Bahan Dasar Pembuat Garam Adalah Pasir Air Laut Air Biasa

Garam dihasilkan dari air laut. Di pinggir pantai, petani garam membuat ladang garam. Ladang garam ini berbentuk tambak-tambak untuk menampung air laut. Ladang garam terbentang luas di pantai yang tidak memiliki banyak sungai. Contohnya di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantai-pantai di daerah Nusa Tenggara.

Bagaimana proses menghasilkan garam? Pertama, petani menyiapkan petak-petak tambak. Tanah di dalam petak tambak terlebih dulu harus dipadatkan. Setelah tambak garam dibuat, lalu diisi air laut dengan kedalaman tertentu. Air laut yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam.

Untuk mendapatkan lapisan garam yang tebal, setiap hari harus ditambah air lautnya. Hal ini untuk menggantikan air laut yang menguap. Setelah sekitar 210 hari atau setelah musim kemarau berakhir, lapisan garam di dasar tambak pun harus segera dipanen.

Memanennya jangan menunggu musim hujan tiba. Mengapa? Sebab kualitas garam akan menurun atau tidak bagus. Garam-garam setelah dipanen lalu dijual ke pabrik untuk ditambah zat iodium dan dikirim ke daerahdaerah. www.bobo.kidnesia.com

Kamu telah membaca wacana di depan. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Bahan dasar pembuat garam adalah …
a. pasir
b. air laut
c. air biasa

2. Contoh daerah penghasil garam di Indonesia adalah ….
a. Pulau Kalimantan
b. Pulau Bali
c. Pulau Sulawesi

3. Proses perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan garam adalah ….
a. menguap
b. membeku
c. mencair

4. Pernyataan yang benar adalah ….
a. air menguap karena terkena sinar matahari
b. agar garam yang dihasilkan bersih, air laut harus ditambahkan setiap hari
c. agar kualitasnya bagus, garam harus dipanen saat musim penghujan

5. Waktu yang diperlukan untuk memanen garam adalah ….
a. 210 hari
b. 210 minggu
c. 210 bulan

Kunci Jawaban :

1. b. air laut
2. c. Pulau Sulawesi
3. a. menguap
4. a. air menguap karena terkena sinar matahari
5. a. 210 hari

Demikian pembahasan kunci jawaban soal pilihan ganda tentang Bahan dasar pembuat garam adalah pasir air laut air biasa. Pada materi pembelajaran 1 tema 3 kelas 3 subtema 3. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian.

Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran pertama :

Perubahan wujud terjadi pada proses pembuatan garam. Bantulah Siti menceritakan proses pembuatan garam. Buatlah bentuk cerita bergambar! Selengkapnya : Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 178