Batu Bara Tidak Mempunyai Pengaruh Terhadap Kegiatan Ekonomi

Batu bara tidak mempunyai pengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat, benar atau salah? Pembahasan kunci jawaban soal tema 2 kelas 4 SD/MI di buku paket tematik halaman 85. Tepatnya pada materiĀ pembelajaran 5 subtema 2 Manfaat Energi. Sebelum menjawab soal tersebut, silahkan kalian baca rangkuman materi berikut ini!

Batu Bara Tidak Mempunyai Pengaruh Terhadap Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Pembahasan Batu bara merupakan sumber energi yang selama ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil, sampai industri. Batu bara cukup berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori batuan sedimen. Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya. Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang kemudian mengendap selama berjuta-juta tahun dan mengalami proses pembentukan batu bara.

Berdasarkan hasil analisismu, nyatakan apakah pernyataan 1, 2, dan 3, BENAR atau SALAH

1. Batu bara termasuk sumber daya alam yang berlimpah dan mudah diperoleh. Jawaban : SALAH

Alasan: Karena proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya.

2. Batu bara tidak mempunyai pengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Jawaban : SALAH

Alasan: Karena batu bara banyak dimanfaatkan mulai dari rumah tangga, usaha kecil sampai industri.

3. Kita harus menghemat penggunaan batu bara. Jawaban : BENAR

Alasan: Karena batu bara merupakan sumber daya alam yang terbatas karena waktu yang dibutuhkan dapam proses pembuatannya sangat lama.

Manfaat Batu Bara

Beberapa manfaat penggunaan batu bara diantaranya meliputi untuk bahan bakar pembangkit listrik, bahan pembuat baja, pembuatan karbon aktif dan serat karbon, serta untuk bahan bakar berbagai kegiatan industri.

Batubara memiliki banyak kegunaan penting di berbagai kegiatan. Penggunaan batubara yang paling penting adalah dalam pembangkit listrik. Pembangkit listrik menggunakan batubara uap atau juga dikenal sebagai batubara termal.

Batu bara juga digunakan pada produksi baja, manufaktur semen dan sebagai bahan bakar cair. Pembuatan baja menggunakan batubara kokas, atau juga dikenal sebagai batubara metalurgi

Kegunaan penting lainnya dari batubara adalah sebagai bahan bakar dalam industri seperti kilang alumina, produsen kertas, dan bahan pada industri kimia dan farmasi.