Berapa Banyakah Sumber Energi Air Di Sekitar Tempat Tinggalmu?

Berapa banyakah sumber energi air di sekitar tempat tinggalmu? Pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 1, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apakah air dan listrik termasuk sumber enegri. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Tema 9 Kayanya Negeriku

Kamu akan belajar mengenal berbagai kekayaan alam yang ada di Indonesia. Hal ini akan membuat kamu lebih tahu bagaimana memanfaatkan berbagai sumber daya alam dengan bijaksana.

Belajar dari Lingkungan Kamu dapat mengamati sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitarmu. Kamu juga dapat mengamati bagaimana orang-orang di sekitarmu dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Kerja sama dengan Orang Tua Diskusikan dan ajak ananda untuk membaca teks tentang sumber daya alam yg dapat diperbarui yang ada di Indonesia. Diskusikan berbagai kekayaan alam Indonesia dan bagaimana masyarakat memanfaatkannya.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Berapa Banyakah Sumber Energi Air Di Sekitar Tempat Tinggalmu

2. Berapa banyakah sumber energi air di sekitar tempat tinggalmu? Jawab: Di sekitar tempat tinggalku hanya terdapat satu sumber air saja yaitu sungai yang mengalir.

3. Seberapa sering kamu menggunakan sumber energi air dan listrik dalam kegiatan sehari-harimu? Jawab: buka DISINI.

Air dan Listrik

Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan air adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang adadi bumi. Membuang-buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak.

Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apa pun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu.

Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 1. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Terimakasih, selamat belajar!