Berapa Jumlah Kaki Ayam? Apa Makanan dan Siapa yang Mengerami Telur?

Berapa jumlah kaki ayam? Apa makanan ayam? Siapa yang mengerami telur ayam? Jawablah pertanyaan berdasarkan isi teks di atas! Tuliskan jawaban dengan huruf tegak bersambung. Pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 2 halaman 47 – 48, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Pasangkan Gambar Wortel yang Ditimbang dengan Berat Sesuai pada materi pembelajaran 6 subtema 1. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Lani anak yang rajin. Lani rajin merawat ayam dan kelincinya. Ia membersihkan kandang ayam dan kelincinya dengan teratur. Mengapa Lani harus rajin merawat ayam dan kelincinya? Jawab: Agar ayam dan kelincinya bersih dan sehat.

Ayam Lani bersih dan sehat. Setiap hari, Lani memberinya makan. Lani membersihkan kandang ayam secara teratur.

Ayo Membaca! Bacalah teks berikut dengan intonasi yang tepat!

Ayam

Ayam adalah hewan berkaki dua. Cakar kakinya digunakan untuk menggaruk-garuk tanah. Cakar kaki digunakan untuk mencari makanan. Makanan ayam berupa hewan-hewan kecil di dalam tanah. Ayam juga memakan biji-bijian. Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Telur-telur dierami induk ayam selama 21 hari. Setelah 21 hari, telur-telur pun menetas. Telur dan daging ayam mengandung protein tinggi. Protein berguna bagi tubuh manusia.

Jawablah pertanyaan berdasarkan isi teks di atas!

Tuliskan jawaban dengan huruf tegak bersambung.
1. Berapa jumlah kaki ayam?
2. Apa makanan ayam?
3. Siapa yang mengerami telur ayam?
4. Berapa lama telur ayam dapat menetas?
5. Apa kandungan telur dan daging ayam yang berguna bagi tubuh manusia?

Jawaban:

Berapa jumlah kaki ayam Apa makanan ayam

1. Jumlah kaki ayam dua.
2. Makanan ayam berupa hewan-hewan kecil di dalam tanah dan biji-bijian.
3. Oleh induk ayam.
4. Selama 21 hari.
5. Mengandung protenin yang tinggi.

Ayo Mengamati!

Perhatikan kalimat-kalimat pada teks bacaan di atas. Lingkarilah huruf pada awal kalimat. Apakah huruf awal kalimat menggunakan huruf kapital?

Kesimpulan: Huruf kapital digunakan pada … baca DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 2 SD/MI di buku tematik halaman 47 – 48. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 2 subetma 2 Merawat Hewan di Sekitarku. Terimakasih, selamat belajar!