Gambarlah Tokoh Utama Tokoh Tambahan dan Tempat Peristiwa

Berdasarkan cerita tersebut gambarlah tokoh utama tokoh tambahan dan tempat peristiwa dengan mengunakan imajinasimu cerita fiksi tetaplah berada di jalurmu, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 22, tepatnya pada materi pembelajaran 2 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal pertanyaan hal-hal yang Ingin kamu ketahui tentang sistem tata surya di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 22

Ayo Menulis

Kamu telah membaca cerita fiksi “Tetaplah Berada di Jalurmu!” Berdasarkan cerita tersebut, gambarlah tokoh utama, tokoh tambahan, dan tempat peristiwa dengan mengunakan imajinasimu. Tuliskan juga ringkasan cerita tersebut. Ceritakanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Jawaban :

Tokoh Utama : Deo
Tempat/latar :
– Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad
– Rumah Deo

Tokoh Tambahan : Arsyad
Tempat/latar : Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad

Tokoh Tambahan : Ibu
Tempat/latar : Rumah Deo

Gambar tempat peristiwa dalam cerita :

Berdasarkan cerita tersebut gambarlah tokoh utama tokoh tambahan dan tempat peristiwa

Ringkasan jalan cerita :

Deo pulang sekolah sambil meringis kesakitan sambil menuntun sepedanya dengan langkah pincang. Pakaiannya terlihat kotor dan keringat membasahi dahinya. Setibanya di rumah, ibunya menyambutnya, lalu membersihkan luka-luka Deo. Beberapa saat kemudian, Deo bercerita bahwa ia mengalami kecelakaan akibat lomba balap sepeda dengan Arsyad. Deo bersepeda di trotoar yang dikhususkan untuk pejalan kaki. Tapi ia tak melihat ada batu besar sehingga tersandung dan jatuh ke got. Ibu Deo mengatakan bahwa hal tersebut akan menjadi pelajaran bagi Deo, terutama agar tidak menyerobot trotoar. Deo berjanji akan tetap di jalurnya, bukan jalur orang lain. Setelah mendengar perkataan nasehat ibunya Deo pergi mengganti baju dan makan siang.

Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sebangkumu, carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah. Salin atau potong cerita pendek tersebut. Tempelkan cerita pendek tersebut pada sebuah karton ukuran A3. Bacalah dengan saksama cerita tersebut. Lalu, gambarkanlah tokoh utama, satu tokoh tambahan, dan tempat dalam cerita tersebut. Tuliskan juga jalan cerita dari cerpen tersebut. Ceritakanlah cerpen temuanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 22 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: