Buatlah 5 Soal Cerita yang Berkaitan dengan Satuan Berat Ons dan Kg

Buatlah 5 soal cerita yang berkaitan dengan satuan berat ons dan kg. Tukarkan jawaban dari pertanyaan yang kamu buat untuk membuktikan bahwa pertanyaanmu tepat dan akurat. Pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 2 halaman 136, tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku.

Buatlah 5 Soal Cerita yang Berkaitan dengan Satuan Berat Ons dan Kg

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Tuliskan kembali kalimat yang salah tersebut menjadi kalimat yang benar! Garis bawahi huruf kapital dan tanda titik yang kamu temukan dalam bacaan!

Ayo Berdiskusi!

Kerjakan soal ini dengan cara berdiskusi bersama teman di sebelahmu! Bacalah cerita berikut!

Edo memetik mangga. Mangga yang dipetik Edo seberat 5 kg. Setiap 5 ons mangga dimasukkan ke dalam kantong plastik. Berapa kantong plastik mangga yang dipetik Edo? Dapatkah kamu menemukan jawabannya?

Ikuti langkah berikut.
Langkah 1:
Diketahui:
Mangga yang dipetik Edo 5 kg
Setiap kantong berisi 5 ons

Langkah 2:
Ditanya:
Berapa kantong plastik mangga yang dipetik Edo?

Langkah 3:
Jawaban: Banyaknya Plastik = 5 kg / 5 ons
= 5 x 10 ons / 5 ons
= 50/5
= 10

Jadi, banyaknya kantong plastik untuk mangga yang dipetik Edo adalah 10

Ayo Berlatih!

Buatlah 5 soal cerita yang berkaitan dengan satuan berat ons dan kg. Tukarkan jawaban dari pertanyaan yang kamu buat untuk membuktikan bahwa pertanyaanmu tepat dan akurat.

Jawaban:

Berikut adalah contoh soal mengenai hubungan antara kilogram dan ons.

1. Rina diminta Ibu untuk membeli sejumlah telur di sebuah toko yang memberikan harga telur Rp. 20.000 per kilogram. Sedangkan Rina hanya membawa uang Rp. 10.000. Berapa ons kah telur yang dapat dibeli Rina? Jawab: 5 ons

2. Untuk tugas pengamatan, Luna dan Budi berada pada 1 kelompok. Ibu guru menugaskan Luna untuk membawa 7½ ons gula pasir dan menugaskan Budi untuk membawa 12½ ons garam. Berapa kilogram kah berat barang yang ada di kelompok Luna dan Budi? Jawab: 20 ons = 2 kg.

3. Di dapur, Ayah menyimpan persediaan 2¼ kg tepung. Karena kurang bahan untuk membuat mie, Ayah membeli tepung lagi 3¾ kg. Ternyata, pembuatan mie hanya menghabiskan 5kg tepung. Berapa ons kah sisa tepung Ayah? Jawab: 10 ons

4. Di dekat rumah Tere, ada 3 tetangga yang tertimpa musibah dan Tere hendak membagikan beras persediaan di rumahnya untuk mereka dengan jumlah yang berbeda. Tetangga pertama menerima 25 ons beras, tetangga kedua menerima 30 ons beras dan tetangga ketiga menerima 3½ kg beras. Berapa kilogram kah beras yang dibagikan Tere? Jawab: 6 kg.

5. Dalam suatu bazaar bahan pokok, harga beras dipatok Rp. 5.000 per kg. Bila Ibu hendak membeli 45 ons beras, berapakah uang yang harus dibayar Ibu? Jawab: 4,5 kg×5000 = 22.500

Kerjakan juga soal selanjutnya dibawah ini:

Ayo Renungkan!

Tuliskan hal yang kamu suka dari kegiatan pameran hari ini.
Hal-hal yang aku suka:
Tuliskan kesulitan yang kamu hadapi ketika bekerja dalam kelompok menyiapkan pameranmu.
Kesulitan:

Jawaban soal diatas, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 6 kelas 2 SD/MI di buku tematik siswa halaman 136. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 4 subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku. Terimakasih, selamat belajar!