Buatlah Cerita Berdasarkan Gambar Tersebut! Tuliskan Karangan Pada Tempat Berikut Ini

Buatlah cerita berdasarkan gambar tersebut! Tuliskan karangan pada tempat berikut ini! Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 3 halaman 68, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Aku Anak Mandiri di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apa yang kamu lakukan jika ada teman yang berbeda pendapat. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Ayo Berlatih

Perhatikan gambar berikut ini!

Buatlah cerita berdasarkan gambar tersebut

Anggota pramuka harus mengenal tanda pramuka. Anggota pramuka harus mengetahui letak tanda pramuka. Anggota pramuka berlatih mengenal tanda pramuka melalui kegiatan berdiskusi.

Buatlah cerita berdasarkan gambar tersebut! Tuliskan karangan pada tempat berikut ini!

Jawaban:

Pramuka siaga SD Cerdas sedang berlatih mengenal tanda pramuka. Seluruh anggota barung mengamati seragam pramuka siaga. Setelah mengamati mereka berdiskusi mengenai letak tanda pramuka. Pengetahuan tentang letak tanda pramuka sangat penting bagi pramuka siaga.

Tanda Pandu Dunia (WOSM); Berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran, dipasang dikerah baju sebelah kanan. Sedang untuk putra berbentuk persegi, dipasang di dada (di atas papan nama) sebelah kanan. Tanda Pelantikan; Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran, di pasang di kerah baju sebelah kiri. Sedang untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.

Papan Nama; Berwarna dasar coklat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM). Tanda Lokasi Kwarcab; Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal. Baik putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.

Tanda Gugusdepan; Memuat nomor gugusdepan di mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra maupun putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk anggota putri, nomor gudepnya genap dan untuk putri nomornya ganjil. Lencana / Badge Daerah; Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.

Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga; Berbentuk segitiga terbalik. Baik pada putra maupun putri, dipasang lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal 5 buah TKK. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang di tetampan (selendang) TKK.

Tanda Jabatan; Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju. Tanda Barung; Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya. baik pada putri maupun putra dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga; Terdiri atas tiga tingkatan yaitu Mula, Bantu, dan Tata. Pemasangan atribut TKU di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halalam 68. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 subtema 2 Aku Anak Mandiri. Terimakasih, selamat belajar!