Buatlah Gambar Ilustrasi Mengenai Cerita Siput Bukanlah Hewan Lemah

Nah, sekarang coba buatlah gambar ilustrasi mengenai cerita “Siput Bukanlah Hewan Lemah”. Kamu bisa memilih salah satu corak gambar di atas. Soal pada materi pembelajaran 5 tema 1 subtema 1 Organ Gerak Hewan kelas 5 SD/MI di buku paket tematik revisi 2017 halaman 49.

Bagaimana cara membuatnya? Tentu kalian telah mempelajari tentang langkah membuat gambar ilustrasi dan media untuk menggambar kan? Jika belum, pelajari kembali! Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi adalah sebagai berikut :

  • Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan digunakan.
  • Sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat sketsa harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.
  • Setelah sketsa selesai dibuat, kamu dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan imajinasi sendiri. Kamu dapat menggunakan cat air, cat minyak, pensil warna, dan spidol.

Kemudian media gambar yang bisa kamu gunakan meliputi alas gambar, bisa menggunakan kain, kertas, atau kanvas. Media pewarnaan menggunakan pensil warna dan cat air.

Nah berikut ini contoh Gambar Ilustrasi Mengenai Cerita Siput Bukanlah Hewan Lemah :

Buatlah Gambar Ilustrasi Mengenai Cerita Siput Bukanlah Hewan Lemah

Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai.

Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.