Buatlah Kalimat Perbincangan Antara Siti dan Dokter Kecil yang Menanyakan

Buatlah kalimat perbincangan antara Siti dan dokter kecil yang menanyakan kejadian jatuhnya Dayu! Tentukan kata sapaan yang digunakan! Jelaskan alasanmu menggunakan kata sapaan tersebut! Pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 2 halaman 154, tepatnya pada materi pembelajaran 5 subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain buku temaik siswa revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Berilah contoh sikap kepada teman yang jatuh sementara teman tersebut berbeda agama! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut.

Buatlah Kalimat Perbincangan Antara Siti dan Dokter Kecil yang Menanyakan

Siti bersama teman-temannya membawa Dayu ke ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Siti disambut petugas dari dokter kecil dan didampingi Ibu guru. Dayu segera diobati, kemudian siswa sebagai dokter kecil berbincang dengan Siti.

Ayo Menulis

Buatlah kalimat perbincangan antara Siti dan dokter kecil yang menanyakan kejadian jatuhnya Dayu! Tentukan kata sapaan yang digunakan! Jelaskan alasanmu menggunakan kata sapaan tersebut!

Jawaban:

Siti : “Selamat Pagi, Dokter!”
Dokter : “Selamat Pagi, Siti.”
Siti : “Dokter, Dayu jatuh di kolam renang. Tolong bantu dia.”
Dokter : “Baiklah Siti, saya akan periksa dulu.”
Siti : “Terima kasih, Dokter.”
Siti : “Sama-sama, Siti.”

Bermain Bola Estafet di Air

Permainan ini merupakan salah satu bentuk permainan pengenalan air secara tidak sadar menggunakan alat. Permainan ini berjenis permainan kompetitif atau perlombaan. Permainan ini juga sangat sederhana karena permainan ini tidak membutuhkan banyak alat. Sehingga walaupun adanya keterbatasan alat permainan ini tidak mengalami kendala. Alat yang digunakan hanyalah bola (boleh bola kasti, bola karet, bola sepak, dan lain-lain).

Alat-yang dibutuhkan:

  • Kolam renang
  • Tiga buah bola

Aturan dan cara melakukan permainan:

  • Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok
  • Siswa akan melakukan perlombaan estafet dengan cara melempar dan menangkap bola
  • Lintasan estafet hanya lurus 2 baris dengan posisi zig-zag, estafet pertama dilakukan dari anak paling ujung.
  • Cara melempar dan menangkap bola dilakukan menggunakan tangan
  • Kelompok siswa yang paling cepat melempar dan menangkap bola dari ujung awal dan akhir adalah pemenang.

Kegiatan Bersama Orang Tua : Dengan bantuan orang tua, siswa mengetahui sikap yang harus dilakukan terhadap teman yang berlainan agama.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 2 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 154. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 5 subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain. Terimakasih, selamat belajar!