Buatlah Masing-Masing Dua Buah Sudut Lancip, Siku-Siku dan Tumpul

Sekarang buatlah masing-masing dua buah sudut lancip, siku-siku dan tumpul! Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 3 SD halaman 51, tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 1 Aku Anggota Pramuka di buku tematik siwa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini mengenai contoh sudut lancip, siku-siku dan tumpul merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Tuliskan jenis sudut yang dimiliki gambar berikut! Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Segitiga memiliki sudut. Segitiga juga memiliki titik sudut. Tunjukkan sudut yang dimiliki segitiga! Berapa banyak sudut yang dimiliki segitiga? Apa jenis sudut yang dimiliki segitiga? Perhatikan gambar berikut ini!

Sekarang buatlah masing masing dua buah sudut!

Jawaban:

Buatlah Masing-Masing Dua Buah Sudut Lancip, Siku-Siku dan Tumpul

Pengertian Sudut Lancip, Siku-Siku dan Tumpul :

  • Sudut lancip adalah sudut yang besarnya kurang dari 90 derajat.
  • Sudut siku-siku adalah sudut yang besarnya 90 derajat.
  • Sudut tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90 derajat.

Tentang Semboyan Bhineka Tunggal Ika

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan kutipan dari Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular. Kata “bhinneka” memiliki arti beraneka ragam atau berbeda-beda, sedang kata “tunggal” berarti satu, dan kata “ika” bermakna itu. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diartikan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda beda tapi pada hakikatnya tetap satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk melambangkan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam ras, budaya, bahasa daerah, agama, suku bangsa dan kepercayaan.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 51 tentang Buatlah Masing-Masing Dua Buah Sudut Lancip, Siku-Siku dan Tumpul. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 6 subtemna 1 Aku Anggota Pramuka. Terimakasih, selamat belajar!