Buatlah Pidato Mengajak Teman Sekolahmu Membantu Adik Kelas

Buatlah rencana pidato yang mengajak teman sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk belajar membaca, pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 6 halaman 59 tepatnya pada materi pembelajaran 1 Subtema 2 Pemimpin Idolaku.

Buatlah Pidato Mengajak Teman Sekolahmu Membantu Adik Kelas atau warga di lingkungan rumah belajar membaca

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Tulislah contoh penerapan nilai-nilai persatuan saat kamu berada di sekolah di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 59

Ayo Membaca

Lurah idola, seperti tokoh dalam cerita sebelumnya, memang dicintai masyarakatnya. Penduduk dengan beragam latar belakang agama, sosial, suku bangsa, dan budaya dapat bersatu karena seorang lurah yang bekerja keras untuk penduduknya.

Sebagai pelajar, kamu pun dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkunganmu.

Buatlah rencana pidato yang mengajak teman sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk belajar membaca. Susunlah naskah pidato dengan struktur penyusunan pidato yang telah dipelajari sebelumnya.

Teks pidato harus memuat:
Salam pembuka

1. Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)
2. Pendahuluan
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.
Kali ini, kamu akan membahas pengamalan persatuan dan kesatuan di lingkungan, yaitu meningkatkan kualitas warga. Kamu akan membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumahmu untuk membaca.

3. Inti
Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.

4. Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci.
5. Penutup
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
6. Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.

Kamu akan berpidato bergiliran di hadapan adik kelas dan guru-gurumu di pertemuan berikutnya.

Jawaban : Berikut contoh pidato,

Selamat pagi teman-teman. Pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya menyampaikan pidato singkat tentang pentingnya budaya membaca.

Membaca adalah sebuah keharusan bila kita ingin menguasai dunia. Banyak manfaat yang diperoleh dari membaca. Dengan membaca siswa dapat memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, menambah informasi bagi diri sendiri, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide. Jadi jelas pengaruh bacaan sangat besar terhadap peningkatan cara berfikir seorang siswa.

Untuk itu marilah kita ciptakan suasana yang nyaman saat membaca. Lakukan kegiatan secara bertahap. Misalnya dari selembar artikel, bertahap ke buku yang tipis hingga buku yang tebal. Selanjutnya cermati apa yang kita baca agar dapat diterima ilmunya secara maksimal. Dan yang terakhir, sampaikan apa yang kita baca kepada orang lain agar lebih bermanfaat.

Demikianlah pidato saya kali ini yang kesimpulannya adalah membaca sangat penting bagi siswa untuk memperluas wawasan dan menambah pengetahuan. Budaya membaca di sekolah dapat dikembangkan oleh seluruh warga sekolah. Saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda.

Terima kasih.

Ayo Renungkan

Setelah belajar tentang pemimpin idola, apakah menurutmu:
• menjadi pemimpin idola mudah? Mengapa?
• kamu bisa menjadi pemimpin idola? Jelaskan!

Lihat pembahasan soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 59 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 1 subtema 2 Pemimpin Idolaku di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: