Cara Daftar Shopee Paylater Agar Berhasil dan Distujui, Syarat & Mengaktifkan

Apa itu Shopee PayLater? Bagaimana cara daftar Shopee PayLater? Apa saja syarat yang dibutuhkan? Shopee PayLater merupakan fitur atau layanan pinjaman pada platform belanja Shopee yang disediakan PT Commerce Finance dan sepenuhnya diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara Daftar Shopee PayLater
https://shopee.co.id/

Shopee PayLater atau biasa disebut SPayLater memberikan fasilitas pinjaman bagi pengguna aplikasi agar memudahkan proses transaksi. Adanya Shopee PayLater, konsumen membeli barang dengan cara membayar di bulan berikutnya atau sesuai ketentuan waktu saat pendaftaran.

Limit transaksi pada fasilitas Shopee PayLater mencapai hingga Rp. 50 juta. Namun, tidak semua bisa mendapatkan limit dengan nominal sama, tetapi juga disesuaikan oleh kebijakan dari aplikasi Shopee sendiri. Limit tersebut akan diberikan setelah pengguna berhasil mengaktivasi layanan.

Sistem yang digunakan layanan Shopee PayLater mirip dengan kartu kredit hanya saja bunga lebih kecil dan syarat mudah tanpa ribet. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai syarat untuk daftar Shopee PayLater.

Syarat Daftar Shopee PayLater

Shopee PayLater dapat diaktifkan langsung melalui aplikasi Shopee. Hanya saja tidak semua user bisa daftar untuk menggunakan layanan alias pengguna terpilih saja. Sebelum mengaktifkan fitur Shopee PayLater, tentunya Anda harus memenuhi sejumlah syarat untuk mendaftar.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah syarat dan ketentuan daftar Shopee PayLater :

1. Akun Shopee telah terdaftar dan sudah terverifikasi
2. Berusia minimal 3 bulan & sering digunakan untuk transaksi
3. Pengguna harus selalu mengupdate aplikasi Shoppee ke versi terbaru
4. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Setelah semua syarat diatas terpenuhi, lalu bagaimana cara daftar dan mengaktifkan Shopee PayLater? Inilah penjelasannya.

Cara Daftar Shopee PayLater

Dikutip dari situs resmi Shopee Indonesia, diperjelas bahwa fitur Shopee PayLater hanya dipakai oleh pengguna tertentu yang memenuhi kriteria. Syarat lain daftar Shopee PayLater yaitu minimal berumur 18 tahun dan maksimal 65 tahun serta memiliki KTP sah tentunya.

Selain itu, satu KTP hanya dapat digunakan untuk daftar Shopee PayLater pada 1 akun terdaftar. Proses pengajuan aktivasi akan diperiksa dalam waktu kurang dari 2×24 jam oleh tim Shopee. Berikut langkah-langkah cara daftar dan mendapatkan Shopee PayLater :

1. Buka aplikasi Shopee, lalu klik menu Saya di bagian pojok kanan bawah

cara aktifkan shopee paylater

2. Setelah masuk, kemudian pilih SPayLater

daftar shopee paylater

3. Kemudian, klik Aktifkan Sekarang

cara daftar shopee paylater agar disetujui

4. Langkah keempat, masukan kode OTP (verifikasi) yang dikirim melalui whatsapp, sms atau telepon kemudian klik Lanjut. Dengan catatan, tidak boleh memberitahu kode OTP tersebut kepada siapapun termasuk tim terkait demi keamanan.

cara daftar shopee paylater agar berhasil

5. Mengupload Foto KTP

Setelah itu, akan muncul halaman Aktivasi yaitu perintah untuk mengunggah foto KTP. Pastikan Anda mengikuti instruksi dengan benar agar mempermudah proses pengambilan foto.

pendaftaran shopee paylater

6. Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Paylater

Setelah foto KTP terupload, perintah selanjutnya adalah mengisi informasi tambahan seperti nama ibu kandung, pekerjaan hingga kontak darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu

daftar shopee paylater gagal terus

7. Apabila semua sudah terisi dengan benar, cara selanjutnya yaitu verifikasi wajah. Untuk mempermudah, ikuti beberapa panduan dibawah ini:

1) Klik Mulai Verifikasi Wajah
2) Arahkan wajah Anda pada bingkai tersedia
3) Pastikan berada ditempat terang agar gambar lebih mudah ditangkap kamera

shopee paylater adalah

8. Setelah melakukan verifikasi wajah, Anda perlu menunggu beberapa saat sampai proses verifikasi dikonfimasi berhasil.

cara agar shopee paylater disetujui

9. Apabila pengajuan berhasil, maka akan tampil notifikasi bahwa aktivasi telah sukses dan muncul informasi mengenai limit kredit serta tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan dalam transaksi memakai Shopee PayLater.

cara agar shopee paylater di acc

10. Jika proses pendaftar berhasil, maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas, lalu muncul tampilan seperti berikut ini:

limit shopee payleter

Jumlah kredit yang saya peroleh setelah pendaftaran berhasil yaitu sebesar Rp.1.500.000. Jumlah tersebut bisa bertambah sampai Rp.50.000.0000 apabila kita sering menggunakannya dan tentunya tidak telat saat melakukan pembayaran tiap bulan sesuai tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan.

Daftar shopee paylater gagal terus? Salah satu kendala atau kegagalan dalam proses pendaftaran biasanya diakibatkan karena proses verifikasi wajah yang tidak terdeteksi / eror.

Jika dalam proses Verifikasi Wajah mengalami kendala karena sistem eror atau wajah tidak terdeteksi kamera, maka Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

  1. Update layanan Googe Play (Google Play Service) ke versi terbaru.
  2. Lakukan kembali verifikasi wajah (minimal 2x).
  3. Jika masih mengalami gangguan, maka Anda butuh menunggu 10 menit serta memastikan handphone terhubung dengan koneksi internet yang bagus.
  4. Muat ulang Handphone.
  5. Coba kembali seperti tertera pada poin ke 2.

Cara Menggunakan Fitur Shopee PayLater Sebagai Metode Pembayaran

Berbagai macam layanan e-commerce disediakan platform belanja online merupakan satu cara untuk mempermudah konsumen dalam berbelanja. Identik dengan tagline “belanja sekarang, bayar nanti” menjadikan banyak orang memilih SPay Later menjadi solusi ditawarkan.

Bermodal smartphone serta jaringan internet, dengan mudah Anda berbelanja tanpa menghabiskan banyak waktu. Dilengkapi berbagai metode pembayaran mulai dari virtual account, shopee pay, transfer bank, COD (Cash On Delivery) sampai dengan Shopee PayLater akan membuat belanja jadi semakin praktis.

Adapun tahap-tahap menggunakan Shopee PayLater bagi pendaftar baru, yaitu:

1. Cari produk diinginkan atau bisa pilih barang yang telah ditambahkan dikeranjang, kemudian klik Checkout

cara menggunakan shopee paylater

2. Setelah berada di halaman checkout, lalu pilih Metode Pembayaran

cara bayar tagihan shoppe paylater

3. Klik SPayLater lalu klik konfirmasi
4. Klik Buat Pesanan
5. Selanjutnya masukan PIN ShopeePay
6. Barang akan diproses, kemudian dikirimkan ke alamat tertuju

Kelebihan dan Kekurangan Shopee PayLater

Shopee menjadi salah satu aplikasi belanja online paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Beragam jenis kebutuhan bisa dicari dengan harga murah sangat jauh berbeda dari pasaran pada umumnya. Baik produk dalam negeri maupun luar negeri tersedia didalam aplikasi ini.

Adapun kelebihan menggunakan SPayLater, simak ulasan dibawah.

1. Pinjaman dengan Proses Daftar Mudah dan Tanpa Ribet

Tidak seperti pinjaman kebanyakan, fitur ShopeePayLater langsung dapat digunakan setelah user berhasil memverifikasi akun. Selain itu, hanya perlu KTP dan cukup mengisi informasi yang telah disediakan. Dengan limit nominal lumayan besar, maka Anda dapat belanja apapun dan dimanapun.

2. Suku Bunga Relatif Ringan

Berbeda sumber pinjaman lain, Shoppee hanya menarik bunga sebesar 2.95% dibebankan kepada pengguna. Hal ini tentu sangat beda dengan pinjaman online maupun offline mencapai bunga 3% belum lagi denda jika telat membayar tagihan.

3. Terjamin Keamanannya

Seperti dijelaskan sebelumnya, Shopee PayLater diawasi langsung oleh OJK sehingga tidak perlu diragukan lagi. Anda tidak usah merasa khawatir ditengah maraknya kasus penipuan.

4. Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Lebih Banyak

Lantas, bagaimana dengan kekurangannya?

1. Hanya berlaku di aplikasi Shopee

Seperti namanya, layanan Shopee PayLater hanya bisa dipakai bertransaksi di aplikasi Shopee saja. Meski fungsinya hampir sama seperti kartu kredit, namun berbeda cara penggunaannya.

2. Biaya keterlambatan cukup tinggi

Jauh beda dengan suku bunga rendah, denda ditanggung pengguna ketika terlambat membayar mencapai hingga 5%. Biaya denda tinggi membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

3. Kebiasaan bersikap boros

Disediakannya berbagai kemudahan, tentu menimbulkan kecanduan bagi penggunanya. Kehadiran Shopee PayLater menjadi pengaruh besar dalam hidup sebagian konsumen karena akan membuat orang tergiur untuk membeli segala jenis barang tanpa memikirkan butuh atau tidak. Maka dari itu, Anda harus bijak dan tahu cara mengelola uang dengan baik.

Demikian penjelasan mengenai syarat daftar Shopee PayLater hingga kekurangan dan kelebihannya. Dengan hadirnya fasilitas ini, semoga membantu Anda mempermudah dalam proses belanja online. Sekian terimakasih.

7 Comments