Cara Melakukan Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

Jelaskan bagaimana cara melakukan gerakan kaki renang gaya dada dan posisi yang benar? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian wajib membaca secara lengkap pembahasan berikut ini. Teknik gerakan kaki renang gaya dada tentu berbeda dengan gaya punggung dan kupu-kupu.

Teknik gerakan kaki dapat kamu pelajari setelah bisa melakukan teknik dasar berenang, yaitu gerakan meluncur. Kaki berperan penting dalam renang. Mengapa? Kemukakan pendapatmu secara lisan.

Dalam renang gaya dada, kekuatan dorongan kaki sangat dibutuhkan. Gerakan kaki bertujuan untuk meningkatkan kecepatan luncuran saat berenang.

Berikut ini langkah-langkah melakukan gerakan kaki renang gaya dada :

a. Luruskan tungkai dengan jari-jari kaki merapat.

Cara Melakukan Gerakan Kaki Renang Gaya Dada
gerakan kaki dalam renang gaya dada

b. Tekuk lutut dan kaki. Buka kaki dengan posisi tetap tertekuk dan putar jari-jari kaki keluar.

c. Buka kedua kaki selebar mungkin dengan dorongan yang kuat. Rapatkan kembali kedua tungkai dan luruskan seperti semula.

d. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.

Gerakkan kakimu dengan posisi mengapung di pinggir kolam. Kedua tangan memegang dinding kolam. Gerakkan kaki seperti gerakan kaki katak saat berenang. Berlatihlah secara tekun dan disiplin agar kamu terbiasa.

Nah itulah langkah-langkah bagaimana cara melakukan gerakan kaki yang benar dalam renang gaya dada. Semoga informasi diatas berguna dan bermanfaat bagi kalian.

Baca juga teknik dasar renang gaya dada lainnya berikut ini :

One Comment