Cara Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Spora Bahasamu Sendiri

Perhatikan kembali teks dialog tentang cara perkembangbiakan tumbuhan dengan spora! Tuliskan kembali menggunakan bahasamu sendiri. Tuliskan dalam bentuk paragraf. Gunakan huruf kapital dan tanda baca dengan benar!  Soal pada pembelajaran 5 tema 1 subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan kelas 3 SD halaman 176.

Pada pembelajaran sebelumnya, kalian telah mempelajari perkembangbiakan tumbuhan dengan Umbi. Jenis umbi ada umbi batang, umbi lapis, dan umbi akar. Kentang dan ubi jalar adalah contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi batang. Bawang dan bunga bakung berkembang biak dengan umbi lapis. Sedangkan wortel dan singkong berkembang biak dengan umbi akar.

cara perkembangbiakan tumbuhan dengan spora menggunakan bahasamu sendiri

Lalu bagaimana cara tumbuhan berkembang biak menggunakan Spora? Sebelum membuat paragraf kalian wajib membaca teks dialog antara Edo dan Lani di halaman 174.

Berikut ini contoh paragrafnya :

Spora merupakan cara perkembangbiakan vegetatif. Spora adalah inti sel yang berubah fungsi menjadi alat perkembangbiakan. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini adalah tumbuhan paku. Spora pada tumbuhan paku dibentuk dari daun. Letaknya ada di kotak spora atau sporangium yang berkumpul di dalam sorus.

Selain tumbuhan paku, beberapa tumbuhan lain yang berkembangbiak dengan spora diantaranya seperti jamur, lumut, tanaman kiambang dan azolla.

Spora terdapat pada bagian belakang daun yang berbentuk serbuk dan disimpan di dalam kotak spora (sporangium). Spora dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop.

Perkembangbiakan spora pada jamur terjadi saat spora jatuh ke tanah yang lembab dan subur lalu spora berubah menjadi alat perkembangbiakan dan menghisap makanan sehingga akhirnya tumbuh menjadi tumbuhan jamur yang baru.

Jenis-Jenis Spora

1. Diaspora

Diaspora, yaitu jenis spora yang terdapat pada tumbuhan berpembuluh non biji, lumut, fungi dan Myxozoa.

2. Edospora

Endospora, yaitu jenis spora yang  dibentuk oleh bakteri tertentu sebagai alat untuk mempertahankan hidup dalam kondisi yang ekstrem.

3. Klamidospora

Klamidospora, yaitu jenis spora yang terletak di ujung hifa yang dihasilkan oleh fungi dan memiliki dinding yang tebal.

4. Zigospora

Zigospora, yaitu jenis spora yang dihasilkan oleh zigot yang memiliki dinding tebal dan dapat tumbuh menjadi zigosporangium.

Demikian pembahasan jawaban soal kelas 3 SD pembelajaran 5 tema 1 subtema 4 tentang Cara Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Spora Bahasamu Sendiri. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!