Carilah Informasi Sebanyak-banyaknya Tentang Perubahan Fase Bulan

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perubahan fase bulan yang terjadi, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 131 tepatnya pada materi pembelajaran 6 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal-soal pembelajaran 5 lengkap di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 131

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sekelompok, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perubahan fase Bulan yang terjadi. Kamu dapat menggunakan semua sumber informasi untuk memahaminya. Baca, pahami dan olahlah informasi yang kamu dapatkan menjadi sebuah poster yang menarik dan sarat informasi. Tempelkanlah poster tersebut di dinding kelas, lalu lakukanlah pameran berjalan (gallery walk) dan memberikan masukan kepada setiap kelompok di dalam kelas.

Jawaban : Fase bulan merupakan perubahan bentuk bulan jika dilihat dari bumi. Perubahan ini bisa terjadi karena di luar angkasa, bulan selalu berputar mengelilingi bumi.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perubahan fase bulan yang terjadi

1. Bulan Baru (New Moon)
Pada fase bulan baru, Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga sisi Bulan yang menghadap ke Bumi tidak terlihat karena tidak menerima sinar Matahari langsung. Fase ini adalah fase yang memungkinkan terjadinya gerhana matahari

2. Bulan Sabit Muda (Waxing Crescent)
Pada fase ini, bagian bulan yang terkena cahaya matahari tidak sampai setengahnya. Bulan terlihat dari bumi berbentuk sabit karena cahaya terpantul hanya bagian sabit yang mencapai bumi. Bulan sabit semakin hari semakin besar.

3. Bulan Setengah (Bulan Paruh Awa/First Quarterl)
Sepekan setelah Bulan baru, letak Bulan akan berpindah 90 derajat lebih jauh dari Matahari di langit. Pada fase ini kita bisa melihat setengah bulan terang dan setengah bulan berupa bayangan.

4. Bulan Bungkuk (Bulan Cembung Awal/Waxing Gibbous)
Pada fase ini, bulan berada sedikit di belakang Bumi. Bagian yang terkena cahaya matahari adalah 3/4 nya. Sehingga, ketika kita melihat bulan dari bumi, bentuknya menjadi cembung atau 3/4 bulan.

5. Bulam Purnama (Full Moon)
Fase Bulan Purnama terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan, ada pada satu garis lurus. Bulan purnama terjadi saat posisi bulan berlawanan dengan bumi. Posisi tersebut membuat seluruh permukaan bulan yang mendapatkan sinar matahari bisa kamu lihat dari bumi. Sementara bagian belakang bulan menjadi sisi gelapnya. Bulan purnama biasanya terjadi di antara hari ke-14 dan 15.

6. Bulan Bungkuk (Cembung Akhir/Waning Gibbous)
Setelah melewati setengah perjalanan, fase bulan akan kembali ke awal. Pergerakan bulan terus ke barat sehingga cahaya matahari sedikit tertutup oleh bumi. Hasilnya, bulan terlihat cembung (3/4 bagian bulan) dari bumi.

7. Bulan Setengah (Bulan Paruh Akhir/Third Quarter)
Fase ini pun bulan terlihat setengahnya sehingga dari bumi, bulan terlihat setengah lingkaran.

8. Bulan Sabit Tua (Waning Crescent)
Pada fase ini bulan akan kembali berbentuk sabit. Saat ini, bulan sudah hampir mengitari bumi sebanyak satu putaran penuh. Mengakhiri fase bulan ini, bulan akhirnya akan kembali ke posisi awal (Bulan baru), dimana akan berada di depan bumi dan kembali tidak terlihat.

Ayo Menulis

1. Bacalah kembali cerita “Cita-cita Anak Belitong”di atas. Bagilah cerita tersebut menjadi empat bagian cerita, dan masing-masing bagian diwakili dengan sebuah gambar sesuai imajinasimu saat membaca cerita di atas. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakan kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Bagian pertama dapat kamu tuliskan judul dan pengarang cerita tersebut.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 131 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 6 Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: