Carilah Sebuah Cerita Pendek Anak di Surat Kabar atau Majalah

Carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 23 tepatnya pada materi pembelajaran 2 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2018.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal gambarlah tokoh utama tokoh tambahan dan tempat peristiwa dengan mengunakan imajinasimu di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 23

Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sebangkumu, carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah. Salin atau potong cerita pendek tersebut. Tempelkan cerita pendek tersebut pada sebuah karton ukuran A3. Bacalah dengan saksama cerita tersebut. Lalu, gambarkanlah tokoh utama, satu tokoh tambahan, dan tempat dalam cerita tersebut. Tuliskan juga jalan cerita dari cerpen tersebut. Ceritakanlah cerpen temuanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Jawaban :

Kancil dan Kura-kura

Dahulu kala, ada seekor kancil yang populer karena kesombongannya. Ada seekor kura-kura yang pernah diejeknya lamban dan bodoh, menantang si kancil sombong untuk adu lari cepat. Sebenarnya kura-kura tidak mau berurusan dengan kancil, tapi ia ingin memberinya sedikit pelajaran.

Dengan penuh percaya diri, kancil menyetujui tantangan kura-kura tersebut. Ia berpikir mana mungkin kura-kura yang berjalan super lambat itu bisa mengalahkannya. Kemudian, mereka sepakat untuk menentukan jalur panjang yang akan dilewati untuk adu lari.

Pertandingan keduanya tak ayal mengundang penasaran hewan-hewan yang lain. Mereka semua juga ingin menyaksikan bagaimana si kura-kura bisa mengalahkan kancil. Para hewan menunjukkan dukungannya terhadap si kura-kura karena mereka juga tidak menyukai sifat kancil yang sombong itu.

Seekor kera ditunjuk sebagai wasit untuk mengawasi jalannya pertandingan tersebut. Saat perlombaan baru saja dimulai, kancil pun melesat jauh meninggalkan kura-kura. Tak ingin menyerah begitu saja, kura-kura tetap berusaha sekuat tenaga dan menambah kecepatan larinya.

Karena merasa kura-kura masih tertinggal jauh dibelakangnya, di tengah-tengah perlombaan dia memutuskan untuk istirahat dan tertidur. Namun saat terbangun, kancil sungguh kaget karena ternyata kura-kura telah sampai di garis finis. Mendapat fakta tersebut, para hewan lain pun bersorak gembira dan si kelinci pulang dengan rasa malu

Tokoh utama :
Kancil dan Kura-kura
Tokoh tambahan :
Monyet dan hewan lain
Tempat cerita :
Hutan

carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah

Sebelumnya, kamu telah memahami tentang interval atau selang nada. Dengan menggunakan pemahamanmu tentang interval nada, lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sebangkumu.

1. Perhatikan dengan saksama setiap baris lagu “Ambilkan Bulan Bu”.
2. Tentukan interval nada pada setiap barisnya dengan menentukan nada pangkal, nada selang, nama kuantitas intervalnya.
3. Nyanyikanlah lagu tersebut dengan penuh penghayatan.

Lihat jawaban soal di atas DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD/MI di buku tematik halaman 23 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 2 subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: