Cerita Mite Adalah dan Berikan Contohnya | Tema 8 Kelas 4

Cerita mite adalah dan berikan contohnya! Pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 17, tepatnya pada materi pembelajaran 2 subtema 2 Lingkungan Tempat Tinggalku di buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Selain pengertian cerita mite, dibawah ini juga akan kami jelaskan apa yang dimaksud dengan jenaka, fabel, legenda, saga, cerpen, dan novel beserta contohnya.

Pengertian Cerita Mite

Mite atau mitos (myth) adalah cerita yang mempunyai latar belakang sejarah, dipercayai oleh masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal yang ajaib, dan umumnya ditokohi oleh dewa.

Cerita Mite merupakan prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi serta dianggap suci oleh mereka yang memiliki cerita. Dalam bahasa Jepang, mite adalah shinwa yang berarti kisah mengenai para dewa.

Contoh Cerita Mite

Cerita Mite Adalah dan Berikan Contohnya

Contoh cerita mitos seperti Nyi Roro Kidul, Ciung Winara, Joko Dolo, Telaga Bidadari, Joko Tingkir dan masih banyak lagi.

1) Nyiroro kidul merupakan sebuah mitos seorang ratu yang memimpin sebuah kerajaan yang terletak di pantai pantai selatan daerah jawa
ratu nyi roro kidul mempunyai ciri khas yang biasanya memakai pakaian hijau selain itu ratu nyiroro kidul mempunyai prajurit laut dan kreta kencana.

Demikian pembahasan secara singkat kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 17 tentang Cerita Mite adalah dan berikan contohnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: