Ceritakan Kembali Tentang Tradisi Rasulan di Gunung Kidul

Ceritakan kembali tentang tradisi rasulan di Gunung Kidul tersebut dengan bahasamu sendiri, pembahasan kunci jawaban tema 8 kelas 5 halaman 82 tepatnya pada materi pembelajaran 4 subtema 2 Perubahan Lingkungan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Ceritakan Kembali Tentang Tradisi Rasulan di Gunung Kidul

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal kliping mengenai jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok di buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 82

Ayo Bercerita

Ceritakan kembali tentang tradisi rasulan di Gunung Kidul tersebut dengan bahasamu sendiri.

Jawaban : Masyarakat Gunung Kidul mengenal tradisi rasulan. Rasulan biasanya berlangsung selama beberapa hari. Ada berbagai kegiatan dalam tradisi rasulan, diantaranya seperti atraksi seni wayang kulit, reog ponorogo dan lain-lain. Puncak keramaian terjadi pada saat kegiatan kirab. Di akhir kirab, warga melakukan doa bersama di balai dusun. Tradisi rasulan merupakan aset budaya yang harus dipertahankan, karena melestarikan jiwa kebersamaan dan semangat gotong royong, serta menjadi wadah melestarikan kesenian.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Tanyakan kepada orang tuamu, adat istiadat yang berlaku di daerah asal mereka.

Lihat jawaban lengkap DISINI

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 8 kelas 5 SD Halaman 82 secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 4 subtema 2 Perubahan Lingkungan di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Pembelajaran 5 subtema 2